Raket

Teknik dan Fisik Harus Prima

Redaktur: Maximus thomas woda Wangge
Teknik dan Fisik Harus Prima - Raket

INDOPOS.CO.ID - Bulutangkis Indonesia saat ini praktis tinggal mengandalkan kekuatan sektor ganda, terutama putra. Pasangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo menjadi tumpuan utama harapan bagi badminton lovers. Tetapi, capaian positif itu sulit diikuti sektor lain. Tunggal putra dan putri, misalnya.

Hal tersebut begitu menggelitik perhatian mantan juara All England 7 kali berturut-turut sekaligus legenda bulutangkis Indonesia Rudy Hartono. Pemilik delapan gelar All England itu diam-diam memperhatikan perkembangan tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie. Menurut pria 69 tahun tersebut, penampilan Ginting dan Jojo di All England 2019 cukup memprihatinkan. Baru putaran pertama, langkah Ginting langsung terhenti. Sementara itu, Jojo tidak bisa melaju lebih dari 16 besar.

’’Bibit sektor tunggal itu ada, tapi belum cukup. Harus dikelola dengan baik dan dilatih,’’ jelasnya saat dihubungi di Jakarta, Kamis (21/3). Ia mengatakan, harus dilihat dulu track record-nya di ajang internasional. Jika pernah juara, pemain itu punya kesempatan untuk bisa menang di kejuaraan yang lebih bergengsi.

Rudy menilai tunggal putra sudah punya pelatih yang baik, yakni Hendry Saputra. Namun, yang bermasalah, lanjut dia, adalah performa pemain di lapangan. Selama ini Ginting dan Jojo masih sering berbuat salah dengan akurasi serangan yang tidak pas. Rudy menuturkan, masalah utamanya bukan soal mental. Yang terpenting adalah teknik dan fisik. Ketika dua elemen tersebut dikuasai seorang pemain, otomatis mental akan terkerek.

’’Pertanyaannya ada pada pemain, apa sudah siap 100 persen? Kalau kalah itu salah pemain. Sudah tahu kalah, tapi nggak bisa memperbaiki,” ucapnya. Rudy mencontohkan sosok Kento Momota. Meski Jepang tidak memiliki tunggal putra yang bagus, Momota mampu memacu dirinya untuk bisa menjadi pemain terbaik dunia sekarang. Seharusnya tunggal putra terbaik Indonesia punya motivasi yang sama.

’’Bermain bulutangkis itu harus bisa improvisasi. Mudah-mudahan dengan ini, pemain Indonesia bisa belajar bahwa mereka hanya kalah persiapan. Ayo, bangkit, bangkit, jangan tidur,’’ jelas Rudy dengan penuh semangat. (bam)

Baca Juga


Berita Terkait

Raket / Minions Incar Gelar Juara Dunia

Raket / Hendra/Ahsan Panutan Pemain Muda

Raket / Pasangan The Daddies Diguyur Bonus

Raket / Tommy Naik, Jojo Turun

Raket / Hendra/Ahsan Tembus Empat Besar

Raket / Terus Dulu, Masih Bisa


Baca Juga !.