Daerah

Satgas Tinombala Lumpuhkan Tiga Orang MIT, Evakuasi Jenazah Dilakukan

Redaktur: Novita Amelilawaty
Satgas Tinombala Lumpuhkan Tiga Orang MIT, Evakuasi Jenazah Dilakukan - Daerah

Foto : Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Terjadi baku tembak Satgas Tinombala dengan kelompok terduga teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di area Pegunungan Salumarate, Desa Salubanga, Kecamatan Sausu, Sulawesi Tengah pada, Kamis (21/3/2019). Akibatnya tiga anggota MIT tewas dalam peristiwa tersebut.

"Satgas Tinombala berhasil melumpuhkan tiga orang dan mereka meninggal dunia,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (22/3/2019).

Tiga orang yang tewas itu, merupakan anggota kelompok yang dipimpin oleh Qatar alias Farel. Kelompok ini beranggotakan enam orang yang terpecah dari satu kelompok lain pimpinan Ali Kalora. 

"Tiga anak buah Qatar masih buron. Mereka masih di sekitar pegunungan itu. Kami masih lakukan pengejaran dan penyekatan di area situ,” beber Dedi. 

"Kelompok pertama dipimpin langsung oleh Ali Kalora, dia berada di sisi kanan gunung itu. Kemudian kelompok yang kedua dipimpin oleh Qatar alias farel jumlahnya juga sama enam orang," tambahnya. 

Setelah melumpuhkan kelompok tersebut, Satgas menyita bom lontong, amunisi pistol dan perlengkapan pribadi. Kelompok yang kerap beroperasi di wilayah pegunungan Kabupaten Poso dan bagian selatan Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah itu memiliki satu senjata api laras pendek. 

"Mereka sisa satu senjata, tapi yang kami khawatirkan ialah bom lontongnya sebab mereka cukup ahli merakit bom. Saat ini untuk Satgas akan melakukan evakuasi terhadap ketiga jenazah tersebut," tuturnya. 

Adapun tiga korban tewas yaitu Alhaji Kaliki alias Ibrahim, Jaka Ramadhan alias Ikrima dan Andi Muhammad alias Andi Abdullah alias Fadel. (dan)

Berita Terkait

Megapolitan / Disinyalir Teroris, Pasutri di Kota Depok Ditangkap

Banten Raya / Mantan Napi Teroris Dipantau

Headline / Densus 88 Tangkap Seorang Terduga Teroris di Cibinong

Nasional / Polri: Teroris Target Bom Depan Gedung KPU

Nasional / Polisi Sebut Bekuk Simpatisan ISIS

Headline / Lima Bulan, Polri Tangkap 68 Teroris


Baca Juga !.