Lifestyle

Wajib, Nutrisi Sejak di Kandungan

Redaktur:
Wajib, Nutrisi Sejak di Kandungan - Lifestyle

EDUKASI ANAK - Narasumber kesehatan berbagi pengetahuan soal nutrisi yang penting bagi tumbuh kembang anak. Foto: Dewi Maryani/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Nutrisi merupakan hal yang penting bagi tumbuh kembang anak. Sebaiknya dilakukan sejak masih di kandungan.

Menurut dr Nurul Ratna Mutu Manikam, M.Gizi, SpGK, pemberian nutrisi yang baik harus sudah dilakukan sejak bayi. Khususnya pada 1.000 hari pertama kehidupan anak. 

Karena jika pemberian nutrisi sudah melewati usia 2 tahun, pertumbuhan otak dan kecerdasan tidak bisa dikejar kekurangannya. Pentingnya pemberian nutrisi ini juga harus sudah ditanamkan sejak remaja, terutama pada remaja putri. 

Menurutnya, ini bekal untuk mereka menjadi seorang ibu. Karena saat nanti mereka hamil kemudian menyusui, mereka juga akan jadi role model anak-anaknya. 

''Pengalaman nutrisi yang baik ini akan ditiru sampai mereka dewasa dan punya anak lagi,'' ujarnya dalam acara SGM Aksi Nutrisi Generasi Maju di Jakarta, Rabu (20/3/2019) lalu. Dia menjelaskan, yang diperlukan pada periode emas perkembangan otak anak adalah zat gizi makro seperti energi, protein, lemak, dan karbohidrat. 

Di dalam sumber makanan gizi makro itu juga mengandung zat gizi mikro seperti vitamin dan mineral. Selain itu, saat menginjak usia satu tahun anak mulai dikenalkan dengan makanan keluarga.

Anak juga harus dikenalkan variasi makanan dan kebiasaan makan bersama keluarga. Ketika makan, kata dia, kenalkan juga etika makan dan  berkomunikasi dengan ayah dan ibu.

Saat makan bersama keluarga inilah, lanjutnya, pembangunan karakter anak bisa dibentuk. Orangtua juga bisa menstimulasi untuk saling mengobrol di meja makan.

Hal tersebut sudah coba dilakukan aktris dan ibu dari dua anak, Alyssa Soebandono. Dia mengaku ingin kehidupan anaknya jauh lebih baik dibanding dia dan suami. 

Baik dari sisi nutrisi, pendidikan, dan ekonomi. ''Sebagai orangtua dan bunda dua anak, pastinya ingin kehidupan anak lebih baik dari saya juga ayahnya. Apa yang saya lalui waktu kecil, maunya anak dapat lebih baik. Bukan cuma nutrisi, tapi juga pendidikan dan ekonomi. Saya mau mereka selangkah lebih maju. Supaya anak saya tidak merasakan apa yang saya rasakan sebelumnya,'' paparnya.

Alyssa dan suaminya Dude Herlino, ingin kedua anaknya Rendra dan Malik menjadi generasi penerus yang unggul. Dari segi nutrisi, dia mulai memberikan nutrisi terbaik untuk anandanya sejak dalam kandungan.

Bahkan, sering dinasehati oleh dokter kandungan untuk menutrisi anaknya dengan baik. Tak jarang, dia juga mencari informasi mengenai cara mengasuh anak, bagaimana merawat anak setelah dilahirkan, bagaimana membuat tumbuh kembang anak optimal sesuai dengan usianya. 

''Saya berusaha bersama suami. Yang pertama adalah nutrisi. Saat hamil dokter mewanti agar saya jangan sampai kekurangan nutrisi. Karena otak anak mulai dibentuk saat di dalam kandungan. Pembentukan otak tidak bisa diulang kalau yang lain bisa dikejar. Anak bisa tumbuh sesuai grafik sejak lahir,'' tutupnya. (dew)

 

Berita Terkait

Lifestyle / Nutrisi Makanan versus Suplemen

Lifestyle / Rutin Sarapan Pagi, Anak Semakin Pintar

Lifestyle / Selain Nutrisi, Anak Juga Perlu Punya Keahlian


Baca Juga !.