Lifestyle

Kompetisi Stimulus Anak Bersosialisasi

Redaktur:
Kompetisi Stimulus Anak Bersosialisasi - Lifestyle

SEMANGAT - Anak belajar mengenal teman dan lingkungan lewat kompetisi. Foto: Dok/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Mengikutsertakan anak dalam kompetisi atau perlombaan ternyata dapat menstimulasi kemampuan mereka dalam bersosialisasi. Psikolog Keluarga dan Anak Anna Surti Ariani menjelaskan, saat mengikuti perlombaan, anak akan memiliki banyak teman sekaligus terlatih dalam menerima kemenangan maupun kekalahan.

”Anak bisa menganalisis perilaku mana yang baik dan buruk yang dilakukan teman-temannya. Pada gilirannya, dia pun akan berusaha untuk meniru perilaku baik dan menghindari perilaku yang buruk,” jelasnya di Jakarta, Jumat (22/3/2019).

Disana, anak belajar menilai, mana yang harus dicontoh ataupun tidak. ”Anak juga akan belajar bagaimana berkenalan dengan teman-teman barunya,'' imbuh dia.

Kompetisi, tambah Nina juga bisa dijadikan indikator bagi orangtua dalam mengukur perkembangan anak. Melalui kompetisi pula, orangtua juga bisa mengetahui kelebihan apa yang dimiliki anak dan bagaimana mengasahnya agar menjadi sebuah prestasi.

''Dengan sering mengikutkan anak pada kompetisi, maka orangtua bisa lihat apakah anaknya ada yang harus dikembangkan lagi. Bagian mana yang sudah bagus dan tinggal sering diasah,'' sarannya. (dew)

TAGS

Berita Terkait

Jakarta Raya / Ibu Kreatif Solusi Anak Picky Eater

Fashion / Meramal Nasib Pernikahan Lewat 5 Garis Telapak Tangan, Cobalah!

Wanita / Ini Jawaban Dari Teka-teki Asmara 12 Zodiak di Bulan Oktober

Wanita / 7 Persoalan yang Wajib Diselesaikan Pasangan Sebelum Menikah

Wanita / Ini 5 Zodiak yang Sering Merendahkan Pasangannya


Baca Juga !.