Internasional

1.300 Penumpang Dievakuasi dari Kapal Pesiar di Norwegia

Redaktur: Nurhayat
1.300 Penumpang Dievakuasi dari Kapal Pesiar di Norwegia - Internasional

INDOPOS.CO.ID - Petugas penyelamat berusaha menyelamatkan sekitar 1.300 penumpang dan kru dari sebuah kapal pesiar di lepas Norwegia akibat gagal mesin pada Sabtu (23/3/2019).

Surat Kabar Norwegia VG mengatakan kapal the Viking Sky mengirimkan sinyal darurat pada sabtu karena masalah mesin di cuaca buruk yang menyebabkan kapal mulai berbelok ke arah pantai berbatu. “Kapal berada di laut lepas di wilayah Hustadvika pada pantai barat Norwegia dan para penyelamat harus menghadapi ombak setinggi 6-8 meter,” kata Borghild Eldoen, seorang juru bicara untuk Pusat Penyelamatan Gabungan untuk Norwegia Selatan.

Helikopter mengangkat penumpang dan kru kapal satu per satu dan proses penyelamatan dilanjutkan hingga malam dan sampai keesokan harinya. “Kami tidak bisa mengatakan akan menghabiskan waktu berapa lama,” kata Eldoen seperti dilansir CNN.

Seorang penumpang dari Alexus Sheppard dari California utara mengatakan ia telah menunggu selama hampir enam jam untuk dievakuasi. Mereka semua cukup tenang dan mereka disediakan makanan dan minuman.

“Pada Sabtu malam, sekitar 115 orang telah dievakuasi dan setidaknya delapan orang menderita luka ringan,” kata Eldoen. Masih belum jelas apakah penumpang yang masih di kapal terluka.

Karena hanya ada satu mesin kapal yang menyala, para penyelamat berusaha menyalakan sisa mesin yang rusak agar dapat berjalan dengan mesinnya sendiri ke pelabuhan yang aman dan membawa semua penumpang ke pantai. “Tim penyelamat meyakinkan kapal tersebut tetap aman dan tidak miring,” kata seorang pejabat.

Otoritas awalnya mengirimkan lima helikopter dan sejumlah kapal untuk menyelamatkan penumpang. “Mereka terpaksa mengembalikan beberapa sumber ketika kapal kargo terdekat kehilangan daya mesin, membuat kru kapal tersebut berada dalam bahaya,” kata pejabat pusat penyelamatan. Evakuasi kapal pesiar ditunda dan mereka yang berada didalamnya diperkirakan aman.

Kapal The Viking Sky dimiliki oleh Viking Ocean Cruises yang dibangun pada 2017 dan dapat diisi oleh 930 tamu, menurut situs web perusahaan. Kapal tersebut sedang dalam perjalanan menuju Stavanger dari Tromso, menurut situs web Marine Traffic. (fay)
 
 
 

Berita Terkait


Baca Juga !.