Nasional

20 Kg Sabu-Sabu Diselundupkan Pakai Bus

Redaktur:
20 Kg Sabu-Sabu Diselundupkan Pakai Bus - Nasional

Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Bandar narkotika semakin nekat menjalani aksinya. Kemarin (24/3/2019) Badan Narkotika Nasional (BNN) kembali mengungkap penyelundupan sabu asal Malaysia seberat 20 kilogram. Sabu tersebut masuk ke Indonesia menggunakan kapal dan dikirim ke Jakarta hanya dengan bus umum.

Deputi Pemberantasan BNN Irjen Arman Depari menjelaskan, awalnya terdapat informasi bahwa bandar kerap kali beraksi di Depok, selanjutnya dilakukan pengintaian dan diatangkaplah seorang bernama Zaky. ”Dia ditangkap saat mengendarai sepeda motor,” ujarnya.

Saat diperiksa bawaan dari Zaky, di dalam sebuah tas hitam diketahui terdapat sepuluh bungkus sabu. Satu bungkus diperkirakan masing-masing seberat 1 kilogram. Dari Zaky ini kasus kemudian dikembangkan, ditangkaplah Yusuf di Jalan Serua Raya, Bojongsari, Depok. Dari tangan Yusuf petugas menemukan sabu 10 kg yang  disimpan di dalam warung.

Dia mengatakan, dari pemeriksaan keduanya diketahui sabu tersebut berasal dari Malaysia. Sabu dikirim dari Malaysia menuju ke Aceh menggunakan kapal. ”Dari Aceh masuk ke Medan melalui jalur darat,” terangnya.

Akhirnya, sabu itu dikirim ke Jakarta hanya menggunakan bus umum. Dia menuturkan bahwa barulah sabu ini berada di tempat penyimpanan di Depok. ”Ini sedang kami dalami lagi, untuk mencari pelaku lainnya,” ungkapnya.

Yang dicurigai, jangan-jangan sabu yang dibawa oleh kelompok tersebut tidak hanya 20 kg. Dia menuturkan, bisa jadi lebih banyak, namun dipecah ke beberapa titik. ”Dalam pemeriksaan akan diketahui,” ujarnya.

Menurutnya, jalur laut masih menjadi incaran bandar internasional untuk memasukkan narkotika. Hal itu dikarenakan wiayah laut Indonesia yang begitu besar dan banyaknya pelabuhan tikus. ”Ini membuat mereka mencari celah kendati diawasi dengan ketat,” ujarnya.

Sabu tersebut kendati dikirim dari Malaysia, namun kemungkinan merupakan produksi Tiongkok. Yang kemudian dikirim ke Malaysia dan masuk ke Indonesia. ”Yang menjadi target itu Indonesia,” papar jenderal berbintang dua tersebut. (ant)

TAGS

Berita Terkait

Megapolitan / BNN Sita 200 Kg Sabu

Megapolitan / Ringkus Pengguna Narkoba di Rumah Kontrakan

Megapolitan / Modus Family Gathering, Pesta Narkoba Digerebek

Megapolitan / Jaringan Narkotika Abu Ditangkap 

Megapolitan / Pengedar Jaringan Internasional Ditangkap

Megapolitan / Pemilik Narkoba Lima Karung Sudah Dibekuk


Baca Juga !.