Internasional

Penyelamatan Viking Sky Diteror Badai

Redaktur:
Penyelamatan Viking Sky Diteror Badai - Internasional

KECELAKAAN-Kapal Viking Sky sebelum terdampar di perairan laut Hustadvika, Norwegia, Sabtu (23/3/2019).  Proses evakuasi para penumpang untuk dibawa ke daratan. Foto: FRANK EINAR/AFP

INDOPOS.CO.ID - Satu per satu penumpang kapal Viking Sky, diangkut menggunakan helikopter. Proses evakuasi itu memakan waktu cukup lama. Mengingat cuaca dan medan yang sulit di laut lepas Hustadvika pada pantai barat Norwegia.

Surat Kabar Norwegia ’VG’ mengatakan kapal Viking Sky mengirimkan sinyal darurat pada Sabtu (23/3/2019) karena masalah mesin di cuaca buruk yang menyebabkan kapal mulai berbelok ke arah pantai berbatu. ”Para penyelamat harus menghadapi ombak setinggi 6-8 meter,” kata Borghild Eldoen, seorang juru bicara Pusat Penyelamatan Gabungan untuk Norwegia Selatan.

Bahkan, hingga Minggu waktu setempat, baru 479 penumpang kapal yang dibawa ke daratan. Padahal jumlah orang yang berada di kapal  yang dibangun pada 2017 silam, mengangkut 1.373 orang. Jumlah itu termasuk tamu dan awak kapul. ”Kami tidak bisa mengatakan akan menghabiskan waktu berapa lama,” kata Eldoen seperti dilansir ’CNN’.

Otoritas awalnya mengirimkan lima helikopter dan sejumlah kapal untuk menyelamatkan penumpang. Tapi, para juru selamat malah jadi terancam dengan karena kapal penyelamat mengalami masalah kehilangan daya mesin.  Evakuasi kapal pesiar pun sempat tertunda

Seorang penumpang dari Alexus Sheppard dari California, Amerika Serikat mengatakan telah menunggu selama hampir enam jam untuk dievakuasi. Namun, semua penumpang di kapal mengaku cukup tenang. Awak kapal juga terus menyediakan makanan dan air demi keselamatan nyawa para tamunya.

Ada upaya dari tim penyelamat untuk menarik kapal ke wilayah laut yang lebih aman. Dinas penyelamat mulai menempelkan kapal tunda untuk mulai menghela kapal ke pelabuhan. Kapal tersebut berhasil menghidupkan kembali tiga mesin dari empat mesinnya, namun masih memerlukan bantuan.

Cuaca di sekitar Hustadvika pun mulai dalam kondisi normal. Badai yang mulai mereda pada Minggu pagi membuat evakuasi diprediksi jauh lebih mudah. Viking Sky rencananya akan dibawa ke Kota Molde. ”Evakuasi berlanjut atas permintaan kapal, mereka memerlukan kapal tunda untuk menuju pelabuhan,” kata Juru Bicara Dinas Penyelamatan, Per Fjeld. Bentangan perairan Hustadvika dan sekitarnya dikenal memiliki cuaca ganas dan perairan dangkal dengan beberapa titik batu karang.

Viking Cruises yang memiliki kapal tersebut pada Sabtu mengatakan bahwa keamanan para penumpang menjadi prioritas utama. Kapal The Viking Sky sedang dalam perjalanan menuju Stavanger dari Tromso, menurut situs web Marine Traffic. (fay/ant)

Berita Terkait

Nasional / Pengancam Presiden Ditangkap

Daerah / Lompat ke Kali, Mangapul Ditemukan Tak Bernyawa

Banten Raya / Bogem Bawahan, Pejabat Kecamatan di Tangsel Dipolisikan

Banten Raya / Kencan Singkat Berujung Kematian

Daerah / Rusuh di Rutan Kelas IIB Siak, Polisi Tertembak


Baca Juga !.