Megapolitan

Serentak, Ujian di 578 Sekolah

Redaktur: Muhammad Izzul Mutho
Serentak, Ujian di 578 Sekolah - Megapolitan

FOKUS - Para pelajar mengikuti ujian nasional berbasis komputer di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 50 Jakarta, Senin (25/3/2019). Foto: Ismail Pohan/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Para pelajar di Jakarta serentak melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Tak terkecuali di Jakarta Selatan. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Ratiyono bersama Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Marullah Matali ikut memonitoring pelaksanaan UNKB tahun ajaran 2018-2019 di dua sekolah, SMKN 20 dan SMKN 28 Jakarta, Senin (25/3/2019).

Ratiyono mengatakan, UNBK dilaksanakan di 578 sekolah se DKI Jakarta dengan jumlah pelajar yang mengikuti sebanyak 69.407 baik negeri maupun swasta. Selain itu, ada 1.501 server komputer yang disiapkan demi kelancaran UNBK.

"UNBK dimulai hari ini, Senin (25/3/2019) sampai Kamis 28 Maret 2019 mendatang. Dengan harapan, tahun ini siswa-siswi SMK bisa menyelesaikan soal ujianya dengan baik dan lancar," harapnya.

Marullah menambahkan, dirinya meminta kepada para pelajar, untuk tetap tenang dalam mengerjakan soal ujian."Hari ini, Senin (25/3/2019), saya beserta jajaran SKPD dan UKPD terkait melihat langsung pelaksanaan UNBK di SMK Negeri 20 dan 28 Jakarta. Semoga semua siswa yang melaksanakan ujian dapat menyelesaikan ujian dengan tenang, dan dimudahkan," tandasnya.

Marullah juga memberikan semangat dan motivasi kepada para pelajar SMKN 29 Jakarta dalam menghadapi ujian. Didampingi Camat Kebayoran Baru Tomi Fudihartono, Lurah Petogogan Sarwanto, Kasudin Pendidikan Wilayah II Jakarta Selatan Joko Sugiarto, serta unsur terkait lainnya, Marullah berpesan kepada seluruh siswa agar mempersiapkan diri serta mental.

"Kepercayaan diri harus dimantapkan. Jangan melihat sesuatu dari sudut pandangan yang negatif, tapi lihatlah dengan positif. Positive thinking lah bahwa kalian semua dapat mengerjakan semua soal," sambungnya.

Dalam mengerjakan soal, lanjut Marullah, para siswa diminta teliti serta tidak terburu-buru. Dirinya juga mengingatkan kepada para pelajar agar selalu mengawali UNBK dengan berdoa dan berkonsentrasi. "Kami yakin Anda semua bisa menyelesaikan soal dengan baik. Jangan ragu. Yakin bahwa semua mendapatkan ranking dengan baik," ujarnya.

Kepala SMKN 29 Jakarta Asep Supriatna menambahkan, UNBK tahun ini diikuti sebanyak 275 pelajar, yang menjalani tes ujian mata pelajaran pada hari pertama, yaitu bahasa Indonesia. "Ditambah 260 pelajar SMKN 6 Jakarta juga menggelar UNBK di sini," tutupnya. (ibl)

TAGS

Baca Juga


Berita Terkait


Baca Juga !.