Headline

ASN Terlibat Kampanye, Mendagri Berdalih, Selalu Ingatkan agar Profesional

Redaktur: Ahmad Nugraha
ASN Terlibat Kampanye, Mendagri Berdalih, Selalu Ingatkan agar Profesional - Headline

Mendagri Tjahjo Kumolo. Foto : Charlie Lopulua/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo kembali menegaskan bahwa pihaknya telah berkali-kali mengimbau para Aparatur Sipil Negara (ASN) agar tak ikut berkampanye dalam Pemilu 2019.

Namun nyatanya, di hari pertama kampanye terbuka, Bawaslu menemukan para abdi negara masih saja terlibat kampanye. Meski datanya belum dirinci, para ASN terpantau ikut kampanye yang dilakukan baik oleh Jokowi di Banten dan Prabowo di Makassar serta Manado.

"Kami sudah mengimbau bahwa ASN harus profesional," cetus Tjahjo di Gedung Mahkamah Konstitusi Jalan Medan Merdeka Barat Jakarta, Selasa (26/3/2019).

Selain itu, Politikus PDI Perjuangan itu juga telah menekan pakta ingtegritas bersama dengan Menpan-RB, Komite-ASN, TNI-Polri. Pembubuhan tandatangan dilakukan di depan Ketua Bawaslu RI.

"Harapannya bahwa ASN itu netral tapi sanksinya sudah ada semua baik sudah diputuskan Bawaslu maupun oleh Menpan-RB," tegas Tjahjo.

Sementara merujuk data yang dikeluarkan Bawaslu, hingga 1 Maret 2019, lembaga pengawas pemilu ini telah menerima 165 laporan pelanggaran netralitas ASN sejak kampanye Pemilu 2019 dimulai.

Pelanggaran terjadi di 15 provinsi. Jawa Tengah merupakan wilayah yang paling banyak para ASN melanggar sumpahnya dengan 43 pelanggaran. (jaa)

 

 

Berita Terkait


Baca Juga !.