Lifestyle

Rutin Minum Kopi Hitam, Tangkal Diabetes Tipe 2 dan Penyakit Alzheimer

Redaktur: Ahmad Nugraha
Rutin Minum Kopi Hitam, Tangkal Diabetes Tipe 2 dan Penyakit Alzheimer - Lifestyle

Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Mana yang lebih baik, teh atau kopi ? Kedua minuman berkafein ini sangat populer di seluruh dunia dan seringkali dikonsumsi saat sarapan. Teh dan kopi dapat disiapkan dengan berbagai cara. Ada yang mencampur teh mereka dengan susu. Beberapa orang mungkin menyukai teh hitam dengan sedikit madu dan lemon. Ada pula orang-orang yang menyukai kopi espresso hitam pahit, dan beberapa orang lainnya menyukai kopi manis dengan tambahan susu, krim, dan busa. Kedua minuman tersebut adalah stimulan pagi yang membuat ketagihan. Para penggemar teh dan kopi tidak akan pernah mau menukar minuman pilihan mereka dengan minuman lain di pagi hari.

Tetapi pertanyaannya adalah minuman mana yang lebih baik dan lebih sehat bagi anda sebagai minuman pagi? Kita semua tahu bahwa kafein buruk bagi kesehatan bila dikonsumsi berlebihan. Minum terlalu banyak kafein setiap hari dapat menyebabkan sejumlah masalah termasuk kegugupan, kecemasan, mudah marah, sakit perut dan gas, dan bahkan detak jantung yang tidak teratur. Karena itu, sebagian besar ahli kesehatan akan meminta anda menghindari konsumsi kafein yang berlebihan. Administrasi Makanan dan Obat-obatan AS atau FDS telah menetapkan batas konsumsi kafein yang aman menjadi 400 mg, yaitu sekitar empat hingga lima cangkir kopi kecil. 

Dilansir NDTV, baik teh dan kopi dilengkapi dengan manfaat dan kekurangannya sendiri. Umumnya, konsumsi teh dan kopi tanpa susu dan tanpa gula dianggap lebih sehat. Kopi hitam memiliki lebih banyak kafein daripada teh hitam. Sementara teh hitam mengandung sekitar 55 mg kafein dalam setiap porsi delapan ons (sekitar 236 ml), kopi mengandung hampir dua kali lipat jumlah itu, sekitar 100 mg per delapan ons. Jadi, jika anda memiliki sensitivitas terhadap kafein atau masalah lambung karena kafein, anda harus beralih ke teh hitam alih-alih kopi hitam.

Kopi hitam dikatakan mengurangi risiko diabetes tipe 2, membantu dalam pengelolaan berat badan dengan meningkatkan metabolisme dan tingkat energi dan bahkan dikatakan meningkatkan kognisi dan mengurangi risiko Alzheimer dan demensia. Kopi hitam dapat meningkatkan metabolisme jauh lebih baik daripada teh hitam dan karenanya merupakan sumber kafein yang disukai oleh banyak orang. Teh, di sisi lain hadir dalam banyak varietas kaya kafein, termasuk teh hijau, hitam, putih dan oolong. Tergantung pada teh berkafein mana yang anda sukai, teh juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Teh hitam misalnya dikatakan mengurangi tekanan darah, menjaga gula darah tetap terkendali dan bahkan mengurangi risiko stroke. Teh kaya akan antioksidan yang melindungi fungsi jantung dan melawan peradangan di tubuh.

Jadi intinya adalah, tergantung pada manfaat apa yang ingin anda ambil dari minuman berkafein. Jika anda ingin memberi energi pada tubuh anda dengan cepat di pagi hari yang sibuk, kopi dapat membantu anda lebih baik daripada teh. Tetapi jika anda membutuhkan perbaikan kafein yang membuat anda rileks dan memasok antioksidan untuk pemulihan tubuh, maka pilihlah teh hitam. Teh juga lebih baik daripada kopi untuk mereka yang rentan pada keasaman, jika teh tersebut bebas susu dan gula. Untuk antioksidan yang lebih banyak, pilih teh hijau dan teh putih. Teh herbal adalah pilihan sarapan bebas kafein bagi mereka yang rentan pada keasaman. (fay)

 

Baca Juga


Berita Terkait

Lifestyle / Iqbaal Ramadhan Tertarik Tekuni Bisnis Kopi

Lifestyle / Ingin BAB Usai Minum Kopi, Ini Penyebabnya

Hobi / Lahirkan Barista Milenial Sejak Dini

Nasional / Mentan Dorong Pertanian Kopi di Citarum

Headline / Kementan Tanam Sejuta Kopi di DAS Citarum


Baca Juga !.