Kesra

Hidupkan Pandeglang Lewat Warung Inisiatif

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
Hidupkan Pandeglang Lewat Warung Inisiatif - Kesra

PEDULI- Sharp Indonesia dan Yayasan PKPU menyiapkan bantuan perbaikan sarana masyarakat dampak bencana tsunami berupa ”Warung Inisiatif.”FOTO:IST

INDOPOS.CO.ID - Kondisi Serang, Banten dan sekitarnya pasca gempa dan gelompang pasang air laut pada Desember 2018 lalu masih terus menjadi pantauan PT Sharp Electronics Indonesia. Saat ini, Sharp Indonesia memfokuskan diri pada pemulihan situasi dan kondisi warga terdampak bencana alam di Pandeglang, Banten dengan cara membangun kembali sejumlah sarana masyarakat yang berdaya guna.

Bermitra dengan Yayasan PKPU, Sharp Indonesia menyiapkan bantuan perbaikan sarana masyarakat berupa ‘Warung Inisiatif’. Fasilitas warung menjadi pilihan guna mengembalikkan kondisi yang kondusif serta menumbuhkan perekonomian warga sekitar Kampung Cangkara, RT 004/RW 001, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Carita,  Pandeglang, Banten.

Sepuluh warung dengan jenis berbeda-beda dibangun selama tiga bulan lamanya. Jenis warung pun disesuaikan dengan usaha yang telah dijalankan warga sebelumnya, dari warung sembako hingga warung saji makanan. Guna memudahkan jalannya usaha warga penerima bantuan, Sharp Indonesia juga menghibahkan bantuan lain berupa uang senilai Rp 5.000.000 sebagai modal awal.

 “Kehadiran kami di sini bersama PKPU bertujuan untuk mendorong masyarakat kembali aktif berkegiatan. Warung menjadi pilihan karena bagaimanapun warung telah menjadi salah satu sumber pendapatan masyarakat sekitar dan sarana yang kami percaya dapat menghidupkan perkampungan Cangkara. Selain warung, kami juga memberikan fasilitas seperti meja dan bangku untuk warga berkumpul. Dengan berkumpul ini, semoga mereka bisa merasa lebih aman dan mengurangi dampak  trauma yang mereka alami,” ujar Pandu Setio, PR & Brand Communications Manager PT Sharp Electronics Indonesia.

Sesuai aturan yang ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Pandeglang, daerah pesisir pantai masih merupakan zona merah yang tidak dapat digunakan untuk beraktivitas, termasuk berdagang. Untuk itu, penerima manfaat  Warung Inisiatif memindahkan warung ke area pemukiman warga untuk sementara waktu.

Meski belum beroperasi seperti biasa, Warung Inisiatif dirasakan sangat memberi pengaruh yang besar bagi warga penerima manfaat untuk memulai kembali usahanya yang sempat terhenti beberapa bulan pasca bencana alam. Hal ini diungkapkan oleh Kaswati, salah satu penerima manfaat, “Tsunami benar-benar telah menghancurkan warung saya dan mematikan usaha, selama 3 bulan kami tidak memiliki penghasilan, seluruh stok barang dagangan tersapu ombak bersama dengan warung. Saya berterima kasih sekali kepada Sharp Indonesia karena telah membangun warung ini untuk saya dan teman-teman. Kami berharap Banten kembali ramai dikunjungi wisatawan seperti sebelumnya sehingga kami dapat kembali memiliki penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup”.

Perbaikan sarana masyarakat di Pandeglang, Banten merupakan bagian dari kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Sharp Indonesia serta aksi employee philanthropy yang diinisiasi oleh karyawan Sharp Indonesia, baik di kantor pusat maupun cabang. Tingginya kepedulian karyawan terhadap sesama berdampak positif pada hasil penggalangan dana donasi untuk warga Pandeglang, Banten. Meski bukan pertama kalinya, Sharp Indonesia akan terus melibatkan karyawan dari berbagai divisi dalam kegiatan CSR untuk mengurangi penderitaan warga terdampak bencana di suatu wilayah di Indonesia.(srv)

Baca Juga


Berita Terkait

Daerah / Banjir dan Longsor Hantam Padang Pariaman, Satu Korban Tewas

Ekonomi / Sharp Sedekah Bagikan Kebahagiaan dan Ilmu Pengetahuan

Banten Raya / Saluran Irigasi Meluap, Asrama Santri Banjir

Ekonomi / Sharp Indonesia luncurkan Waspada DBD

Ekonomi / Sharp Indonesia Taklukkan Dua Penghargaan dalam Sepekan


Baca Juga !.