All Sport

Tak Boleh Gagal Fokus

Redaktur: Maximus thomas woda Wangge
Tak Boleh Gagal Fokus - All Sport

BIDIK-Pebasket CLS Knights Indonesia Wei Long Wong (kiri) mencoba melakukan lemparan tiga angka. Foto: MOCH ASIM/ANTARA

INDOPOS.CO.ID - Tim basket BTN CLS Knights Indonesia akan meladeni tim asal Vietnam, Saigon Heat di babak delapan besar playoffs Asean Basketball League (ABL) musim 2018-2019. Format pada babak ini menggunakan ’best of three’ di mana, setiap tim yang memiliki posisi paling tinggi akan diuntungkan main di kandang lebih banyak.

Tim yang bermarkas di GOR Kertajaya Surabaya itu akan menjamu Saigon Heat pada (30/3/2019) dan 7 April mendatang. Namun, Pelatih CLS Knights, Brian Rowsom, enggan memandang enteng lawannya yang berada di peringkat kelima pada reguler season.

Pelatih asal Amerika Serikat itu merasa, keuntungan bermain di kandang lebih banyak, bukan jaminan bagi Brandon Jawato dan kawan-kawan mendapat kemenangan mudah. Apalagi, dalam empat pertemuan pada reguler season, baik CLS Knights maupun Saigon Heat bisa dibilang imbang (lihat grafis). Head to Head kedua tim menunjukkan bahwa keduanya sama-sama pernah menang tandang dan kandang.

Dua pertemuan awal di Vietnam dan Surabaya pada November 2018, tim asuhan Kyle Julius tersebut sukses menaklukan CLS Knights yang sebelumnya masih diperkuat oleh dua pemain asing lama mereka yakni Stephen Hurt dan Montay Brandon.

BTN CLS Knights Indonesia baru membalasnya di dua pertemuan akhir pada Februari dan Maret 2019 silam. Di mana saat itu mereka sudah mengganti dua pemain asing sebelumnya dengan amunisi yang baru yakni Darryl Watkins dan Douglas Herring Jr.

Label pertemuan kedua tim merupakan pertarungan murid versus guru. Kyle Julius pelatih Saigon Heat asal Kanada, merupakan pemain yang pernah dilatih oleh Brian Rowson semasa ia menangani tim Carolina Thunder, di liga naungan American Basketball Association Professional League.

”Ini akan menjadi pertandingan yang menarik. Kita pernah kalah dramatis di pertemuan awal dan juga menang secara dramatis di pertemuan terakhir. Saya pikir tidak hanya pemain asing mereka yang cukup bagus, tapi Kyle Julius juga merupakan pelatih yang sangat cerdas. Semasa aktif pemain dan saya pernah melatihnya, Kyle adalah pemain yang bagus, pengalamannya berguna untuk timnya,” ujar Brian Rowsom dalam keterangan tertulis kepada INDOPOS, Rabu (27/3/2019).

Jelang duel nanti, Brian Rowsom mengingatkan anak asuhnya untuk menjaga tembakan perimeter lawan yang sangat bagus. Khususnya shooting dari Trevon Hughes dan Kyle Barone yang sangat piawai dalam urusan tembakan tiga angka.
Namun Brian Rowsom yang telah kenyang dengan segudang pengalaman basket, lebih mengutamakan kesiapan timnya. Mantan pemain Indiana Pacers dan Charlotte Hornets inimenerangkan, playoffs berbeda dengan reguler season. Para pemain pun diminta mengeluarkan semangat lebih ekstra.

”Kami sudah menunjukkan permainan yang matang sebagai tim pada pertandingan terakhir (melawan Hong Kong Eastern). Selanjutnya kita bermain di playoffs dan tidak boleh lengah dan banyak membuat kesalahan. Para pemain harus lebih pintar dan menjaga konsistensi permainan dan tidak boleh hanya bergantung pada satu dua orang pemain saja baik saat menyerang maupun dalam bertahan. Kami harus bermain cepat dan tampil sebagai satu tim yang solid,” pungkas Brian Rowsom.

Dia yang meminta para fans CLS Knights untuk memenuhi GOR Kertajaya pada pertandingan hari Sabtu (30/3) pukul 19.00 WIB untuk memberikan dukungan kepada tim kesayangan warga Surabaya.(bam)

Baca Juga


Berita Terkait

All Sport / Generasi Emas Inspirasi Argentia Songsong Piala Dunia FIBA

All Sport / Timnas 3x3 Basket Bidik Olimpiade 2020

All Sport / Juara ASEAN, Manajamen CLS Siapkan Malam Apresiasi

All Sport / Knights Society Beri Nyawa Tambahan CLS

All Sport / Liga Basket Putri Masuki Laga Hidup Mati


Baca Juga !.