Nasional

Jelang Pemilu, Kejar Target Perekaman

Redaktur:
Jelang Pemilu, Kejar Target Perekaman - Nasional

Ilustrasi pemilu 2019

INDOPOS.CO.ID - 17 hari jelang pesta demokrasi, perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) mengalami lonjakan drastis. Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), terjadi progres perekaman signifikan.

Meski demikian, Kemendagri juga semakin gencar menjemput bola hingga ke pelosok nusantara agar masyarakat segera merampungkan perekaman e-KTP. Terakhir, Mendagri Tjahjo Kumolo juga memerintahkan bawahannya untuk melakukan perekaman hingga ke Papua. 

Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrullah mengatakan, hingga akhir Maret 2019, angka perekaman e-KTP sudah melampaui 98 persen.

Jika ditotal, berarti sebanyak 189,2 juta penduduk Indonesia, yang wajib memiliki e-KTP telah melakukan perekaman. Saat ini, tercatat, penduduk yang belum merekam data e-KTP sekitar 3,42 juta jiwa.

Pasalnya, e-KTP selain menjadi syarat menggunakan hak pilih dalam Pemilu, kenaikan angka perekaman juga disebabkan oleh terciptanya ekosistem yang mendukung.  Misalnya, untuk mengakses layanan publik seperti kesehatan, asuransi, hingga Surat Izin Mengemudi (SIM), mensyaratkan e-KTP dilampirkan.

Zudan menyebut kenaikan dalam tiga bulan terakhir banyak disuplai dari wilayah Jawa dan Sumatera yang jumlah penduduknya banyak. Sementara untuk Papua dan Papua Barat perkembangannya masih belum signifikan. Secara umum, 58,33 persen masyarakat di kedua provinsi itu belum melakukan perekaman.

Untuk mengharapkan kesadaran masyarakat Papua melakukan perekaman e-KTP diakuinya cukup sulit. Selain medan yang berat, budaya masyarakatnya pun berbeda. ”Masyarakatnya cuma ke sawah, ke kebun. Jadi merasa tidak perlu bawa KTP,” terangnya.

Meski demikian, dia memastikan upaya percepatan di wilayah Papua akan terus digencarkan. Apalagi ada tim yang sedang bekerja di pelosok Indonesia Timur meski akhir pekan.

Kesadaran masyarakat diharapkan Zudan juga menjadi pengaruh atas terpenuhinya target pemerintah agar memiliki e-KTP 100 persen.

Untuk mendorong percepatan perekaman jelang Pemilu, Dukcapil telah menerbitkan surat edaran nomor 471.13/2518/dukcapil. Dalam surat tersebut, dinas dukcapil di level Kabupaten/Kota diinstruksikan untuk tetap membuka pelayanan pada hari sabtu, minggu dan hari libur nasional. (ant)

Berita Terkait

Headline / Pengunjung Pasar Tanah Abang Tambah Ramai

Megapolitan / MK Putuskan Gugatan Prabowo Maksimal 14 Hari

Megapolitan / Delapan Kompi TNI/Polri Amankan Mahkamah Konstitusi

Politik / Penetapan Caleg Daerah Tunggu Juknis KPU-RI

Headline / Kawasan Thamrin Kembali Normal


Baca Juga !.