Tanggul Tergerus, Banjir Melanda

INDOPOS.CO.ID – Hujan deras yang mengguyur mengakibatkan tanggul di kawasan Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, tergerus, Minggu (31/3/2019). Itu menyebabkan permukiman Kampung Air dilanda banjir. “Tanggul nggak jebol, tapi tergerus bawahnya sehingga nyembur air,” tandas Lurah Jati Padang Noviant Wijanarko, Minggu (31/3/2019) petang.

Selain itu, banjir juga menggenangi perumahan warga Jati Padang. Ini disebabkan oleh luapan dari kali saat hujan deras mengguyur sejak siang – petang. Akibatnya, air membanjiri rumah warga setempat dengan derasnya.”Jadi airnya berputar-putar deras ke gang-gang rumah warga,” ujar Noviant.

Noviant mengatakan, hingga pukul 19.00 WIB, banjir masih menggenangi permukiman warga kendati arusnya sudah tak terlalu deras. Sekitar 46 warga diungsikan ke Masjid Al Ridwan.

Hujan tersebut memang membuat rembesan pada tanggul lama di PHB Kali Pulo, Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan tersebut. Kasudin Sumber Daya Air Jakarta Selatan Holi Susanto mengatakan, kejadian rembesan air tersebut berasal dari pondasi turap lama sehingga rumah yang berada dekat dengan turap tersebut tergenang sekitar pulul 15.30 WIB, Minggu (31/3/2019).

“Upaya yang dilakukan SDA saat ini membuat crucuk dolken dan karung pasir untuk menahan rembesan sementara. Sebanyak 10 Satgas SDA Pasar Minggu dikerahkan, saat ini pemasangan masih berlangsung,” tandasnya. Pembuatan pondasi permanen, lanjutnya, akan dilakukan pada Senin (1/4/2019).

Camat Pasar Minggu Agus Irwanto mengatakan, lokasi yang paling terkena dampak ada di kampung air di RT 03 RT 04/ 06 Jati Padang, Pasar Minggu.”Warga ada yang mengungsi di Masjid Ar Ridwan maupun rumah warga yang aman. Total warga yang sudah dievakuasi sebanyak 46 orang. Dibantu oleh tim rescue dari Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan,” jelasnya.

Selain itu, pemasangan tali tambang juga dilakukan di lokasi tersebut karena derasnya arus air. “Tidak ada korban jiwa, dapur umum dan bantuan selimut juga sudah didirikan dari Sudin Sosial. Saat ini lokasi tersebut banjir tergenang setinggi satu meter,” tutupnya. (ibl)

Komentar telah ditutup.