Bola Dunia

Siaga Satu demi si Kuping Besar

Redaktur: Maximus thomas woda Wangge
Siaga Satu demi si Kuping Besar - Bola Dunia

Pemain depan Manchester United Anthony Martial. Foto: Paul ELLIS / AFP

INDOPOS.CO.ID - Kompetisi Premier League menyisakan tujuh pertandingan lagi untuk Totttenham Hotspur, Manchester United, Arsenal, dan Chelsea. Empat klub ini mendapatkan perhatian khusus karena menempati peringkat tiga sampai enam. Selisih poinnya hanya berjarak satu.

Tottenam Hotspur panas dingin. Coba bayangkan. Klub asal London ini tidak pernah meraup kemenangan dalam lima laga terakhir. Fakta ini membuat manajemen, pelatih, pemain, dan fans beratnya pusing tujuh keliling. Kalau tren negatif ini berlanjut, MU, Arsenal, dan Chelsea-lah yang tertawa lepas. Kans mereka naik ke urutan ketiga terbuka lebar.

Manchester United, misalnya, mengoleksi poin yang sama dengan Spurs di matchweek 31 dengan 61 poin. Kans United melengserkan The Lilywhites pada matchweek 32 sangat besar. Syaratnya Rabu dini hari nanti (3/4) di Stadion Molineux, MU mengalahkan tuan rumah Wolverhampton Wanderers.

  Pelatih United Ole Gunnar Solskjer dalam konferensi pers prapertandingan, Senin (1/4) mengemukakan, empat tim di bawah Liverpool dan City memiliki kans sama besarnya untuk finis di zona Liga Champions atau posisi empat besar.   “Keempat tim berebut dengan sangat keras untuk dua tiket tersisa Liga Champions. Kami hampir mengamankan tiket itu dan kami memiliki kans yang bagus,” sebut Solskajer yang dilansir ESPN.

Bekas pelatih FK Molde dan Cardiff City itu mengatakan, timnya menemukan lagi momentum kebangkitan. Setelah kalah beruntun, 0-2 dari Arsenal (10/3) di Premier League dan 1-2 dari Wolves di perempat final Piala FA (17/3), United kembali ke jalur kemenangan usai memukul Watford 2-1 pada Sabtu (30/3).

Solskajer juga menjelaskan, kemenangan atas Wolves dini hari nanti (3/4) tidak sekadar revans untuk kekalahan di Piala FA, melainkan jalan lain untuk mengamankan jatah tiket empat besar.  Kalau melihat jadwal United hingga matchweek 38 masih ada satu laga versus tim yang juga memperebutkan tiket empat besar, yakni melawan Chelsea pada (28/4). United memiliki keuntungan karena matchweek 36 lawan The Blues itu dilangsungkan di Old Trafford.

Selain Chelsea, United masih harus menghadapi klub yang disebut Sir Alex sebagai tetangga berisik, Manchester City, pada 25 April. Atau satu laga sebelum lawan Chelsea.

Akan tetapi jalan Solskjaer memfokuskan skuadny bersaing tiket empat besar sempat terdistraksi. Gara-garanya pujian berbalut rayuan transfer entrenador Real Madrid Zinedine Zidane kepada pemainnya Paul Pogba. Media-media Inggris menilai jika banderol yang ditawarkan Real cocok bukan tak mungkin Pogba akan dilepas.

Meski Spurs dan United untuk sementara menduduki posisi yang lebih baik dari Arsenal serta Chelsea, namun pelatih Arsenal Unai Emery mengatakan kepada Sky Sports kalau konfigurasi masih bisa berubah sampai 12 Mei alias matchweek 38.

 “Saya tahu kalau United, Chelsea, juga Spurs berpikir akan meraup banyak poin di sisa pekan yang ada. Agar tak kalah saing dengan mereka, saya katakan kepada pemain kalau setiap laga  semuanya sangat penting,” tutur Emery.

Kalau melihat jadwal yang ada maka Arsenal menjadi tim yang paling diuntungkan. Di sisa jadwal laga The Gunners, tak satupun berasal dari tim enam besar. Tim dengan rangking terbaik sementara yang dihadapi Laurent Koscileny dkk adalah Wolves (rangking tujuh).

 “Setiap hari, setiap pertandingan, untuk kami dan juga lawan kami akan sangat penting. Karena itu kami membutihkan spirit terus kompetitif, bermain konsisten, dan finis di posisi terbaik yang bisa dicapai,” kata pelatih yang memenangi Liga Europa tiga kali (2014, 2015, dam 2016) itu.

Nah, Chelsea dan Arsenal punya keuntungan dibandingkan United dan Spurs. Sebab keduanya masih punya 'nyawa cadangan'. Yakni Liga Europa. Apalagi keduanya masih bertahan hingga fase perempat final ini.

The Red Devils pernah merasakan manfaat lolos Liga Champions dengan nyawa cadangan itu. United yang jadi juara Liga Europa musim 2016-2017, melaju ke Liga Champions dengan capaian tersebut. Sebab pada musim tersebut United finis keenam. Maka jadilah musim 2017-2018, Inggris memiliki lima wakil di Liga Champions. (koc)

Berita Terkait

Bola Dunia / Tak Ada Kompromi

Bola Dunia / Kejar Rekor Klub dan Pribadi

Bola Dunia / Minta Pemain Tampil Dingin

Bola Dunia / Kembali Diselematkan Eriksen

Bola Dunia / Semuanya Antre Tanda Tangan De Gea

Bola Dunia / Vital untuk Tetangga Sebelah


Baca Juga !.