Ma'ruf Amin Tepis Video Dirinya Sebut Ahok Sumber Konflik

Redaktur: Ahmad Nugraha
Ma'ruf Amin Tepis Video Dirinya Sebut Ahok Sumber Konflik -

Cawapres nomor urut 01, menjawab pertanyaan pers, di Garut, Jawa Barat, Kamis (4/4/2019). Foto: Riza Harahap/Antaranews

indopos.co.id - Calon Wakil Presiden (Cawapres) KH Ma’ruf Amin mengklarifikasi viral video lama tentang pendapatnya soal Basuki T Purnama alias Ahok yang harus dihabisi karena menjadi sumber konflik. Kiai Ma’ruf mengatakan, video itu direkam saat ada beberapa ustaz menemuinya untuk mengusung Anies Baswedan menjadi calon presiden (capres).

Menurut Kiai Ma’ruf, video yang beredar itu tak utuh dan kehilangan konteks. Sebab, pendapatnya dalam video itu sebagai respons terhadap beberapa ustaz yang menyamakan Joko Widodo (Jokowi) dengan Ahok.

“Sekarang saya buka saja, beberapa ustaz waktu itu minta mengajak saya untuk dukung Anies sebagai calon presiden. Dia mengaca itu bisa berhasil ketika Anies mengalahkan Ahok di Jakarta. Begitu,” ujar Kiai Ma’ruf di sela-sela safari politiknya di Garut, Jawa Barat, Kamis (4/4/2019).

Menurut Kiai Ma’ruf, dirinya langsung menolak ajakan para ustaz itu. Dia lantas membedakan antara Joko Widodo dengan Ahok.

“Saya tak setuju. Saya waktu itu menggunakan istilahnya sumber konflik terjadi karena Ahok. Oleh karena itu tentu Ahok harus kita cegah kalau dia terus menjadikan bangsa ini berkonflik,” ucap pendamping Jokowi di Pilpres 2019 itu.

Mantan rais am Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu menegaskan, Jokowi berbeda dari Ahok. Karena itu, Kiai Ma’ruf tak mau mengusung Anies menjadi capres.

“Makanya saya cenderung mendukung Pak Jokowi ketimbang Anies. Biar nanti Anies 2024 ke atas bolehlah, sekarang pak Jokowi. Konteksnya itu,” tuturnya.

Pun demikian Kiai Ma’ruf mengaku tak tahu motif penyebar video itu. Yang pasti, katanya, beberapa ustaz yang mengajaknya mendukung Anies kini berada di barisan Prabowo Subianto.

“Saya sih enggak masalah, karena waktu itu konteksnya jelas. Saya tak mau mendukung Anies karena sekarang eranya Pak Jokowi harus selesai dua kali,” ucapnya.

Karena itu, Kiai Ma’ruf meyakini video tersebut tak akan membuat Ahokers yang telah mendukung Jokowi mengalihkan dukungan mereka. “Itu kan maksudnya mau mengalihkan (dukungan capres) ke Anies,” ucapnya. (ant)

Berita Terkait

Headline / MUI Sesalkan Amin Ma'ruf Didesak Mundur

Politik / Ma'ruf Amin Bincang Santai sebelum Mencoblos

Headline / Enggak Ngotot, Debat Ketiga Dinilai Santun dan Beretika

Nasional / Debat Cawapres, Nasir: Jangan Underestimate Kyai Ma'ruf

Headline / Ma'ruf Menyatu ke Jokowi, Sandi Dinilai Solo Karier


Baca Juga !.