Kesra

370 Pendamping Baru PKH Ikuti Bimtap SDM

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
370 Pendamping Baru PKH Ikuti Bimtap SDM - Kesra

PRIORITAS NASIONAL-Kemensos gelar Bimbingan Pemantapan (Bimtap) Sumber Daya Manusia (SDM) PKH Tahun 2019 terhadap 370 Peserta pendamping baru Program Keluarga Harapan (PKH). Foto istimewa

indopos.co.id - Sebanyak 370 Peserta pendamping baru Program Keluarga Harapan (PKH),  Selasa (2/4/2019) mengikuti Bimbingan Pemantapan (Bimtap) Sumber Daya Manusia (SDM)  PKH Tahun 2019. Peserta berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, DI Jogjakarta, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Barat.

Hadir dalam pembukaan kegiatan tersebut Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Harry Hikmat. ”Bimtap ini merupakan satu upaya untuk memastikan SDM yang sudah  terseleksi betul -betul siap mengemban tugas. Dan amanah dari pemerintah atas tugas pendampingan program prioritas nasional," ujarnya dalam keterangan pers Kamis (4/4/2019).

Menurut Harry, PKH menjadi salah satu program prioritas nasional.  Karena mempunyai dampak langsung yang signifikan terhadap pengurangan kemiskinan dan kesenjangan. "PKH juga dapat meningkatkan daya beli masyarakat kurang mampu," ujarnya.

 Selain itu, PKH telah terbukti menjadi program bansos yang mendorong kreativitas keluarga dalam meningkatkan produktivitasnya. PKH juga meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam keluarga. ”PKH menjadi epicentrum atau wadah bagi program lain seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan lainnya,” jelas Harry.

Tugas para pendamping sehari-hari diantaranya adalah memotivasi, melakukan dialog, mencari alternatif dan pemecahan masalah. ”erta  memastikan bantuan tepat sasaran yang juga sekaligus sebagai ibadah,” beber Harry.

Tugas yang dikerjakan ini adalah kepanjangan atau perwakilan negara secara konstitusional untuk memenuhi hak dasar dari Keluarga Penerima Manfaat  (KPM) PKH, ”Ini yang harus menjadi  amanah,” pungkasnya.(mdo)

Berita Terkait

Nasional / Kemensos Pastikan Ida Faridha Mendapatkan PKH

Ekonomi / Riset Beri Gambaran Pelaksanaan Program PKH

Kesra / 93,2 Persen Keluarga Puas dengan PKH


Baca Juga !.