Megapolitan

Mau Tahu yang Bisa Meningkatkan Kualitas Hidup?

Redaktur: Muhammad Izzul Mutho
Mau Tahu yang Bisa Meningkatkan Kualitas Hidup? - Megapolitan

Suasana MRT, Kamis (4/4/2019) Foto: Toni Suhartono/ INDOPOS

indopos.co.id - Jakarta punya beragam moda transportasi masal. Yang baru diresmikan dan beroperasi, misalnya, moda raya terpadu (MRT) Jakarta fase 1 rute Lebak Bulus-Bundaran HI. Tak lama lagi, light rail transit (LRT) Jakarta rute Velodrome, Rawamangun-Kelapa Gading. Sebenarnya, LRT Jakarta tinggal menunggu dioperasikan secara komersial. Selain itu, LRT Jabodebek saat ini tersu digenjot pembangunannya. Sebelumnya, Jabodetabek ada KRL commuter line.

Hadirnya beragam transportasi publik di Jabodetabek akan mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat serta dapat meningkatkan investasi  di kawasan yang dilewatinya. Demikian disampaikan  pengamat properti Ali Tranghanda.

"Pastinya memberikan dampak positif. Berupa perubahan gaya hidup masyarakat ke arah yang lebih baik. Juga mendongkrak harga properti baik hunian maupun komersial," kata Ali dalam diskusi di Jakarta, Kamis (4/4/2019).

Ali melihat dengan terkoneksinya ragam moda transportasi publik modern, akan memberikan beragam efek yang luar biasa. Ali menambahkan, pembangunan infrastruktur transportasi menjadi stimulus pertumbuhan dan kemajuan sebuah kawasan.

Perubahan tersebut tidak lepas dari berkembangnya konsep transit oriented development (TOD) secara terpadu, khususnya di wilayah Jakarta.

Pengembangan konsep ini menciptakan konektivitas secara terpadu melalui beragam moda transportasi modern. Konsep TOD memiliki banyak keunggulan, termasuk mampu memperbaiki mobilitas masyarakat urban dan sub-urban.

“Peningkatan nilai properti turut ditentukan oleh ketersediaan fasilitas transportasi publik dan konsep pengembangannya. Semakin dekat dan mudah menjangkau fasilitas tersebut, maka nilai investasi properti yang berada di kawasan tersebut akan menjadi lebih tinggi,” kata Ali. (ant)

Berita Terkait

Megapolitan / Tarif Normal, Jumlah Penumpang MRT Belum Signifikan

Ekonomi / Property Semakin Gemilang di Selatan Jakarta

Megapolitan / Berharap Kawasan TOD Memudahkan Angkutan Antarmoda

Megapolitan / Heboh Orang Naik MRT Tanpa Kepala, Benar Gak Sih?

Megapolitan / Nah Loh, Naik MRT Bisa Kena Denda

Megapolitan / Ssstt… Antrean MRT Gak Mengular Lagi


Baca Juga !.