Megapolitan

Ini Alasan Tak Perlu Tempat Sampah di MRT

Redaktur: Muhammad Izzul Mutho
Ini Alasan Tak Perlu Tempat Sampah di MRT - Megapolitan

Suasana penumpang MRT. Foto: Toni Suhartono/ INDOPOS

indopos.co.id - Tempat sampah di moda raya terpadu (MRT) Jakarta, sempat disoal. Hanya, itu sengaja dilakukan. ’’Tempat sampah tidak perlu,’’ ujar pengamat transportasi dari Institut Studi Transportasi (Intrans) Darmaningtyas kepada INDOPOS, Kamis (4/4/2019).

Menurutnya, tidak adanya tempat sampah di moda transportasi masal tersebut diharapkan para penumpang dapat mengurus sampahnya masing-masing. ’’Orang didik untuk mengatasi sampah sendiri. Jadi tidak perlu tempat sampah,’’ imbuhnya.

Apalagi, perjalanan MRT fase 1 Lebak Bulus-Bundaran HI hanya butuh waktu 30 menit.’’Ini soal ketepatan waktu sudah bagus. Nyaman lagi,’’ tambahnya.

Soal tempat sampah, sebelumnya disinggung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dia mengatakan, tidak adanya tempat sampah di bagian dalam Stasiun MRT untuk mengedukasi kesadaran masyarakat. "Bukan di Stasiun MRT tidak ada tempat sampah. Ini bagian dari pendidikan,’’ katanya di Jakarta, Selasa (2/4/2019).

Dia mengatakan, penumpang tidak meninggalkan sampah di Stasiun MRT. ’’Sampahnya jangan ditinggal, dibawa," ucapnya.

Di sisi lain, petugas juga tidak tinggal diam. Petugas akan selalu bergerak untuk memastikan agar warga tidak meninggalkan sampah. 

Coorporate Secretary Division Head MRT Jakarta, Muhammad Kamaluddin mengatakan, pihaknya akan memasang tanda peringatan dilarang membuang sampah di setiap sudut stasiun. (zul)

Berita Terkait

Megapolitan / Stasiun MRT Senayan hingga Dukuh Atas Kembali Dibuka

Megapolitan / Alasan Keamanan, Tiga Stasiun MRT di Jakarta Pusat Tutup

Megapolitan / Tarif Normal, Jumlah Penumpang MRT Belum Signifikan

Megapolitan / Berharap Kawasan TOD Memudahkan Angkutan Antarmoda

Megapolitan / Heboh Orang Naik MRT Tanpa Kepala, Benar Gak Sih?

Megapolitan / Nah Loh, Naik MRT Bisa Kena Denda


Baca Juga !.