Bola Dunia

Klopp Puji Lawan

Redaktur: Maximus thomas woda Wangge
Klopp Puji Lawan - Bola Dunia

Manajer Liverpool Jurgen Klopp. Foto: Paul ELLIS / AFP

indopos.co.id - Pelatih Liverpool Juergen Klopp punya 'kembaran'. Dialah pelatih Southampton Ralph Hasenhuettl. Selain sama-sama alumni Bundesliga, gaya main tim yang dilatih keduanya pun mirip-mirip. Gegen pressing atau pressing tinggi oleh para pemain kemudian bermain cepat dengan tempo tinggi.

Dini hari hari nanti (6/4/2019), merupakan pertemuan Klopp versus Hasenhuettl di Stadion St.Mary's untuk pertama kali di Premier League. Sejarah pertemuan keduanya sebelumnya baru terjadi sekali yakni di babak kedua DFB-Pokal 2012-2013. Klopp yang menangani Borussia Dortmund menang 4-1 atas Hasenhuettl yang mengarsiteki VfR Aalen (siaran langsung beIN Sports 1 pukul 02.00 WIB).

Klopp memberikan pujian untuk kerja keras Hasenhuettl bersama Soton. Dalam 18 pertandingan Soton di semua ajang, eks pelatih RB Leipzig tersebut menghasilkan tujuh menang, empat seri, dan tujuh kalah.

 “Hasenhuettl melakukan pekerjaannya dengan sangat luar biasa di Soton. Dia menghadirkan pemain-pemain muda dari akademi ke dalam skuadnya dan ini merupakan keputusan yang berani,” kata Klopp seperti ditulis Liverpool Echo Kamis (4/4).

Sejak kedatangan Hasenhuettl, tiga pemain Akademi Soton sudah bermain untuknya di Premier League. Yakni Kayne Ramsey (Soton U-18), Callum Slattery (Soton U-23), dan Tyreke Johnson (Soton U-23).   “Kita harus menunggu apa yang akan dilakukan Hasenhuettl bersama Soton dalam beberapa musim ke depan. Ketika Soton mengalami kekalahan bukan berarti mereka bermain jelek,” ucap Klopp. “Melainkan lebih kepada tidak beruntung,” ucap pelatih 51 tahun itu.

Klopp berujar laga lawan Soton ini The Reds menghadapi tuntutan harus menang. Sebab di matchweek 32 kemarin di Stadion Etihad, rival utama mereka Manchester City menang 2-0 atas Cardiff City.  Merotasi sejumlah pemain seperti Raheem Sterling, David Silva, Bernardo Silva, dan Sergio Aguero, City masih terlalu kuat buat tim tamu. Poin maksimal City kemarin membuat mereka menggusur Liverpool di posisi teratas klasemen. City unggul satu angka di depan Liverpool (80-79).

Nah, menuju pertandingan kali ini bek Liverpool yang dibeli pada transfer musim dingin tahun lalu Virgil van Dijk menurut Klopp sudah bisa bermain. Van Dijk yang mengalami nyeri engkel kanan setelah menang 2-1 atas Tottenham Hotspur (1/4/2019) sempat libur latihan jelang laga versus Soton. Sedangkan Hasenhuettl kepada situs resmi Bundesliga menuturkan kalau dirinya memberikan respek kepada Klopp. Meski sejak kedatangannya di Liverpool musim 2015-2016, Klopp belum juga mendaratkan satu trofi buat Liverpool.

“Ketika kami mengambil kursus lisensi kepelatihan, saya dan dia (Klopp, red.) berada dalam kelas yang sama. Karena itulah kami berdua mengenal secara baik dan saling tahu,” ucap pelatih yang punya rasio kemenangan 38,89 persen bersama Soton.

Mengenai julukan Klopp dari Alpen yang disematkan padanya, Hasenhuettl mengatakan tak sreg. Meski secara filosofi permainan, Hasenhuettl dan Klopp memiliki banyak kemiripan.   “Saya ingin membangun karakter sendiri untuk saya. Saya memang selalu menjadi penggemar dari sepak bola yang dilatih Klopp. Permainan yang menarik, cepat, dan dia meletakkan fondasi abaru berupa permainan cepat di sepak bola Jerman,” kata Hasenhuettl kepada The Guardian.

Tak seperti Klopp yang fanatik dengan formasi 4-3-3 maka Hasenhuettl punya konsep permainan 4-2-2-2. Gaya main ini sudah diterapkannya ketika membawa RD Leipzig jadi runner-up Bundesliga musim 2016-2017 itu. (koc/ant)

Berita Terkait

Bola Dunia / Klopp Belum Percaya Liverpool Hancurkan Barcelona

Bola Dunia / Barcelona Harus Rasakan Magis Anfield

All Sport / Kopites Butuh Keajaiban

Bola Dunia / Tak Ada Kompromi


Baca Juga !.