Lifestyle

Tiga Bahan Sehat Pengganti Mentega

Redaktur: Ali Rahman
Tiga Bahan Sehat Pengganti Mentega - Lifestyle

indopos.co.id - Mentega bisa membuat apa pun terasa lebih enak. Dari sandwich dan pizza hingga kue, brownies dan bahkan chapatis dan paratha, mentega dapat menghidupkan cita rasa makanan apa pun. Banyak orang menggunakan produk susu krem ini sebagai minyak kesukaan mereka untuk memasak, memanggang, mengolesi atau menggoreng berbagai makanan.

Mentega juga digunakan dalam membuat saus dan frosting kue, serta menggoreng dan memanggang makanan dan camilan. Apakah anda suka menaburkannya di atas roti dan sandwich, atau lebih suka menggunakannya sebagai pengganti minyak untuk memasak, mentega adalah bahan penting yang dimiliki oleh semua dapur.

Tetapi ada banyak alasan seseorang mungkin ingin menghindari penggunaan mentega dalam memasak dan membuat kue. Banyak orang alergi terhadap produk susu dan mungkin tidak dapat menggunakan mentega dalam memasak ataupun membuat kue.

Terlalu banyak mentega dalam makanan menyebabkan kekhawatiran bagi banyak orang yang menderita atau rentan terhadap penyakit kardiovaskular atau tekanan darah tinggi. Mentega sangat tinggi lemak jenuh, yang dapat menyumbat arteri dan menyebabkan penumpukan plak bila dikonsumsi setiap hari secara berlebihan. Selain itu, banyak merek mentega yang tersedia secara komersial mengandung terlalu banyak garam dan rasa buatan.

Berikut adalah tiga alternatif pengganti mentega yang lebih sehat dan dapat anda gunakan saat memasak:

1. Ghee
Ghee adalah jenis mentega yang telah dipanaskan hingga 120 derajat Celcius setelah airnya diuapkan, mengubah susu menjadi cokelat. Proses ini meningkatkan rasa kaya ghee dan juga dikatakan meningkatkan tingkat antioksidan di dalamnya. Ghee dapat digunakan persis seperti mentega untuk memanggang, tetapi mungkin memiliki lebih banyak kelembaban daripada mentega saat digunakan saat memanggang, jadi anda mungkin perlu mengubah rasio cairan terhadap tepung dalam kue. Namun, ghee pun kaya akan lemak jenuh dan harus digunakan secara bijaksana saat memasak setiap hari.

2. Minyak Kelapa
Baru-baru ini dipuji sebagai makanan super, minyak kelapa telah digunakan untuk memasak masakan Asia selama berabad-abad. Minyak kelapa dikatakan memiliki sejumlah manfaat kesehatan, termasuk menekan nafsu makan dan meningkatkan kadar High Density Lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik. Minyak kelapa juga dikatakan meningkatkan kekebalan dengan membunuh mikroorganisme berbahaya seperti bakteri dan virus, karena keberadaan asam laurat di dalamnya. Satu-satunya kekurangan minyak kelapa adalah rasa kelapa yang kuat dan rasa yang datang setelahnya dan membutuhkan beberapa waktu untuk terbiasa. Namun, karena viskositas minyak kelapa yang tinggi, dapat digunakan dalam perbandingan 1: 1 sebagai pengganti mentega.

3. Minyak Zaitun
Untuk waktu yang lama, minyak zaitun telah dianggap sebagai salah satu minyak goreng paling sehat di luar sana dan dapat digunakan untuk menggantikan mentega sebagai lemak juga. Minyak zaitun mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi, karena memiliki sifat anti inflamasi. Minyak ini merupakan sumber kaya lemak sehat, yang juga dipercaya memberikan perlindungan bagi jantung. Untuk setiap cangkir mentega yang dapat anda gunakan dalam resep, anda bisa menggantinya dengan tiga perempat cangkir minyak zaitun. Karena minyak zaitun adalah cairan, resep masakan anda mungkin memerlukan beberapa penyesuaian untuk mengakomodasi minyak zaitun sebagai pengganti mentega. Tetapi di mana pun anda perlu menggunakan mentega sebagai minyak untuk memasak makanan, minyak zaitun dapat berfungsi persis seperti mentega.

Jika anda perlu mengganti mentega sebagai olesan roti lapis dan roti panggang, maka ada banyak pilihan, termasuk mentega kacang, alpukat, yogurt Yunani, dan bahkan saus apel. (fay)

Baca Juga


Berita Terkait

Lifestyle / Luka Bakar, Jangan Oleskan Pasta Gigi dan Mentega

makanmakan / First Crack Coffee Academy Cetak Ahli Kopi


Baca Juga !.