Nasional

Tahun Ini Jamaah Haji Akan Nikmati Tenda Ber-AC di Arafah

Redaktur: Nurhayat
Tahun Ini Jamaah Haji Akan Nikmati Tenda Ber-AC di Arafah - Nasional

PERBAIKAN: Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.Foto: dok.indopos

indopos.co.id  - Indeks kepuasan jamaah haji 2018 meraih predikat sangat memuaskan. Meski begitu, Kementerian Agama (Kemenag) terus melakukan pembenahan. Kendati Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tidak mengalami kenaikan pada tahun ini, namun Kemenag menjanjikan banyak kelebihan yang diterima jamaah haji dibanding tahun sebelumnya.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, akan ada beberapa perbaikan pelayanan haji yang akan diterima oleh jamaah haji Indonesia. Yakni, penerapan jalur cepat  (fast track) bagi jamaah haji Indonesia akan ditambah. Dengan penerapan kebijakan ini, penyelesaian dokumen perjalanan, termasuk rekam biometrik, dilakukan sejak di embarkasi. 

“Jika tahun lalu masih uji coba di embarkasi Jakarta, maka tahun ini diharapkan layanan fast track bisa diberlakukan pada embarkasi lainnya,” kata Menag. 

Perbaikan lainnya, kata Menag, jamaah haji Indonesia akan menikmati tenda ber-AC selama berada di Arafah. ”Kalau tahun lalu belum ber-AC, tahun ini seluruh tenda Arafah akan difasilitasi dengan AC,” tutur Menag. 

Selanjutnya, penempatan pemukiman jamaah akan dilakukan berdasarkan zona daerah. Ada tujuh zona,  yakni, Syisah, Raudhah, Misfalah, Jarwal, Mahbas Jin, Rey Bakhsy,  dan Aziziyah. Menurut Menag, sistem zonasi ini didasarkan pada pengalaman tahun-tahun sebelumnya, di mana penempatan jamaah kloter yang bercampur di setiap sektor banyak mengalami kendala, salah satunya terkait bahasa. ”Dengan sistem zona ini diharapkan petugas tidak lagi kesulitan dalam berkomunikasi karena memiliki kesamaan bahasa,” ujarnya.

Selain itu, kata Menag, layanan katering juga akan diusahakan sesuai dengan rasa makanan khas masing-masing daerah. Dengan demikian, rasa makanan katering semakin variatif sehingga jamaah tidak merasa bosan. (yay)

 

 

 

 

Berita Terkait

Kesra / Sapuhi Berikan Solusi  Gunakan Kuota Haji Tambahan

Headline / Sekjen Kemenag Diperiksa KPK

Nasional / Panitia Seleksi Jabatan Kemenag Diperiksa KPK


Baca Juga !.