Bola Dunia

Coutinho, Produk Vasco da Gama

Redaktur: Muhammad Izzul Mutho
Coutinho, Produk Vasco da Gama - Bola Dunia

Philippe Coutinho. Foto: net

indopos.co.id - Coutinho lahir di Rio de Janeiro, Brasil, pada 12 Juni 1992. Nama lengkapnya, Philippe Coutinho Correia. Saat ini, pasangan Aine Coutinho itu bermain untuk FC Barcelona. Posisi pemain sepak bola asal Brasil itu sebagai gelandang. Dirangkum dari sejumlah sumber, gaya permainannya dan kemampuannya disebut-sebut menarik dibandingkan dengan legenda Brasil Ronaldinho.

Permainan bapak dari Philippe Coutinho Jr dan Maria Coutinho itu memang ciamik. Berkat performa yang oke bersama Liverpool, Coutinho mendapat berbagai penghargaan pada musim 2014/2015. Coutinho yang mempunyai tinggi 1,72 meter itu menyabet empat gelar. Player of the year, players' player of the year, dan goal of the year.

Coutinho adalah produk dari akademi muda klub Brasil, Vasco da Gama, klub kebanggaan tempat lahirnya, Rio de Janeiro. Ketertarikan klub-klub Eropa mulai muncul saat bermain di kejuaraan Piala Amerika Selatan U-17. Ia menjadi pemain kunci dan mengantarkan Brasil menjadi juara.

Digaet saat Inter Milan dipoles Rafael Benítez. Sebelum diboyong Inter Milan, Coutinho bermain sebanyak 43 kali dan mencetak 5 gol. Ketika menandatangani kontrak, usia Coutinho saat itu masih 16 tahun, sehingga belum memeroleh izin kerja. Akhirnya menetap di Vasco da Gama dengan status pinjaman sekaligus melanjutkan sekolahnya.

Baru pada Juli 2010, Coutinho resmi pindah ke Inter setelah usianya menginjak 18 tahun. Pada 27 Agustus 2010, Coutinho menandai debutnya bersama Inter Milan saat turun sebagai pemain pengganti di babak final UEFA Super Cup. Coutinho mulai menjadi bagian penting skuad utama Nerazzurri.

Sayang, Coutinho tidak menyelesaikan musim 2011-2012 sepenuhnya bersama Inter Milan. Pada 30 Januari 2012, sempat dipinjamkan ke Espanyol sampai akhir musim. Di Espanyol, mencetak 5 gol dari 16 penampilan. Setelah masa pinjamannya habis pada 18 Mei 2012, dia kembali bersama Inter Milan.

Liverpool melakukan pendekatan dan berhasil mendapatkan Coutinho. Memakai nomor punggung 10, Coutinho memulai debutnya di Liverpool pada 11 Februari 2013.  Pada Januari 2018, dia pindah ke Barcelona. Sejumlah laporan mengabarkan bahwa ia ingin mengakhiri karirnya di Spanyol dan kembali ke Inggris. Manchester United dan Chelsea dirumorkan tertarik mengamankan jasanya.

Coutinho sejauh ini telah 19 kali menjadi starter dari 31 pertandingan La Liga Barca musim ini. Bermain sejak awal saat menang 2-0 atas Atletico Madrid pada Minggu (7/4/2019), yang membuat mereka unggul 11 poin di puncak La Liga dengan tujuh pertandingan tersisa. "Fokus saya hanya untuk Barcelona,’’ kata mantan pemain Liverpool tersebut kepada Sunday Mirror. (zul)

 

 

Baca Juga


Berita Terkait

Bola Lokal / Ini Tekad Mantan Bek Mitra Kukar setelah Dikontrak Kabau Sirah

Indosport / Ini Alasan Kabau Sirah Pulangkan Nildo ke Brasil

Bola Dunia / Gunduli Venlo, Feyenoord Naik ke Tiga Besar

Bola Dunia / Lupakan Merangsek ke Tiga Besar, Arsenal!

Bola Dunia / Gol Rodriguez Bungkam Bilbao

Bola Dunia / Ini Alasan Coutinho Senang di Barca


Baca Juga !.