Daerah

Jalan Desa Terseret Longsor

Redaktur: Darul Fatah
Jalan Desa Terseret Longsor - Daerah

BENCANA-Petugas memeriksa jalan desa yang ambrol terseret longsor di Desa Sidomulyo, Tulungagung, Jawa Timur, Senin (8/4/2019). Longsor itu menyebabkan empat keluarga mengungsi, dan 50 KK lain terancam terisolasi satu-satunya akses jalan terputus. Foto: antara

indopos.co.id - Akses jalan desa di Sidomulyo, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur ambles terseret longsor akibat hujan deras, Minggu (7/4/2019) sore. Sebanyak tujuh keluarga mengungsi ke tempat aman.

"Warga di sekitar lokasi kami imbau untuk mengungsi dulu jika turun hujan deras. Ini demi menghindari jatuhnya korban jiwa," kata Kepala Dusun Tumpakweru, Desa Sidomulyo, Kecamatan Pagerwojo, Tulungagung, Agus Setiawan di Tulungagung, Senin (8/4/2019).

Pergerakan tanah ekstrem itu tidak menyebabkan korban jiwa. Satu rumah milik Paid, 50, hanya berjarak empat meter, persis di samping titik longsor. Sedangkan tiga rumah warga lain ada di atas lokasi longsor atau di sisi seberang jalan yang amblas terseret longsor. "Untuk tiga rumah lagi ada di sisi seberang dan jaraknya sekitar 25 meter. Agak jauh tapi harus tetap waspada," kata Agus.

Longsor di Dusun Tumpakweru yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Bendungan, Kabupaten Trenggalek di kaki lereng Gunung Wilis. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 16.00 WIB.

Hujan deras yang mengguyur sepanjang siang hingga sore menyebabkan lereng tanah di bawah pemukiman warga bergerak turun (amblas) hingga kedalaman 75 meter. Warga yang rumahnya dekat longsoran segera lari ke jalanan dan melihat peristiwa alam yang terjadi. (ant)

 

Berita Terkait

Ekonomi / Inspirasi Mudik 2019 Astra Infra di Tol Trans Jawa

Nasional / Pengancam Presiden Ditangkap

Daerah / Lompat ke Kali, Mangapul Ditemukan Tak Bernyawa

Banten Raya / Bogem Bawahan, Pejabat Kecamatan di Tangsel Dipolisikan


Baca Juga !.