Bola Dunia

Enerji Ekstra Stadion Baru

Redaktur: Maximus thomas woda Wangge
Enerji Ekstra Stadion Baru - Bola Dunia

Striker Tottenham Hotspur Harry Kane. Foto: Daniel Leal-Olivas / AFP

indopos.co.id - Tottenham Hotspur sudah memetik efek yang positif Tottenham Stadium, stadion barunya. Di Premier League, Hotspur membekuk sesama klub asal London Crystal Palace 2-0, akhir pekan lalu (4/4). Spurs ingin melanjutkannya pada debut di perempat final Liga Champions.

Di Tottenham Stadium, Hugo Lloris dkk menjamu Manchester City, dini hari nanti WIB (Siaran Langsung RCTI pukul 02.00 WIB). ''Kami ingin membawa atmosfer di Anfield ke sini (Tottenham Stadium),'' koar gelandang Spurs Harry Winks, seperti yang dikutip di Manchester Evening News.

Ya, menghadapi atmosfer Anfield dengan Kop Stand atau Spion Kop (tribun utara) yang selalu jadi handicap City. Di semua ajang, The Citizens selalu kesulitan menaklukkan atmosfer Anfield. Bahkan, skor imbang 0-0 di Premier League musim ini pun jadi angka pertama City di Anfield setelah terakhir pada 26 Agustus 2012.

Seperti diketahui, Tottenham Stadium menjadikan tribun utaranya seperti Anfield. Total, seperti dilaporkan London Evening Standard, hampir 15 ribu penonton menduduki White Wall, sebutan tribun utara Tottenham Stadium, saat laga menjamu Palace. Kapasitas tempat duduk di tribun utara sebanyak 17.500 kursi. Overall, saat laga itu ada 59.215 penonton atau 95,4 persen keterisiannya.

''Saya berharap, fans yang datang mampu menciptakan atmosfer yang sama. Saya yakin, mereka akan melakukannya,'' imbuh Winks. Dia pun konfiden, The Lilywihites, julukan Spurs, tak lagi kesulitan memenangkan laga-laga awalnya di stadion baru ketika bermain di Eropa. Tidak seperti ketika menelan dua kekalahan dalam dua laga kandang pertama saat menyewa Wembley pada fase grup Liga Champions 2016 – 2017.

''Stadion ini berbeda. Karena di sini kami mampu dengan cepat beradaptasi, sudah dapat merasakan bahwa ini rumah kami, dan biasa menyulitkan lawan-lawan yang datang,'' klaimnya, meski baru Palace yang bisa mereka taklukkan di sana. ''Andai kami mampu main seperti akhir pekan kemarin, menekan seperti itu, maka itu akan jadi laga yang sulit bagi City,'' sebut pemain 23 tahun itu.

Kapten Spurs Hugo Lloris menganggap, debut Spurs di perempat final Liga Champions bakal jadi magnet bagi pendukukungnya untuk datang ke Tottenham Stadium. Kolaborasi main di tempat baru dan fase tertinggi mereka di Liga Champions. ''Karena, ini momen terhebat bagi klub. Lolos ke perempat final juga jadi kesempatan terbesar Spurs,'' ucap Lloris, dikutip Tribal Football.

''Kami seperti merasakan tambahan kekuatan (dari stadion baru),'' kata Lloris. Benarkah? Gelandang City Kevin De Bruyne tak percaya dengan faktor Tottenham Stadium bisa berimbas dengan performa Spurs. Kepada Sky Sports, De Bruyne telah menyamakan Tottenham Stadium dengan Wembley.

''Mereka hanya merasa sedikit heboh dengan stadion barunya. Tapi pada kesimpulannya, ini hanya stadion yang diisi penonton. Jika mereka pergi ke Wembley dengan 80 ribu penonton, maka itu akan sama (seperti Anfield),'' tutur KDB, inisial nama De Bruyne. Di Premier League, Spurs baru mencatatkan rata-rata 53.026 penonton dari 15 laga home-nya di Wembley.

Artinya, selama Premier League musim ini fans Spurs belum mencapai 60 persen jumlah keterisian total Wembley. '”Saya tak peduli dengan stadion. Saya hanya peduli tentang tim yang kami lawan,'' sambung De Bruyne. Dua lawatan City ke Wembley di Premier League, berakhir dengan kemenangan. (koc)

Baca Juga


Berita Terkait


Baca Juga !.