Berikut Ini Langkah untuk Atasi Mudah Marah

indopos.co.id – Marah adalah manusiawi. Setiap orang memiliki tingkat emosi yang berbeda. Seseorang yang mudah marah dan tersinggung dapat melepaskan aura negatif yang memicu stres dan berdampak buruk terhadap seluruh kantor, rumah tangga, ruang kelas, atau lainnya.

Berikut langkah untuk mengatasi mudah marah yang dikutip dari laman doktersehat.

1. Cari tahu penyebab

Cara terbaik untuk mengurangi mudah marah adalah mencari tahu apa penyebab mudah marah. Baru kemudian mengatasinya. Identifikasi ketika kali pertama menjadi mudah tersinggung dan mempertimbangkan apa yang mungkin membuat seseorang marah.

2. Hirup napas dalam dan lambat

Fokus pada setiap napas saat bergerak masuk dan keluar. Cobalah untuk menghabiskan lebih banyak waktu menghembuskan napas daripada menghirup.

3. Mengurangi ketegangan fisik

Cobalah menegangkan setiap bagian tubuh untuk hitungan 10, lalu lepaskan.

4. Meditasi

Meditasi adalah salah satu contoh teknik mindfulness (meditasi kesadaran). Ini dapat membantu mengalihkan pikiran dari kemarahan selama situasi yang menjadi penyebab emosi, terutama setelah latihan yang konsisten.

5. Olahraga

Aktivitas fisik adalah cara yang bagus untuk melampiaskan amarah atau menggunakan kelebihan adrenalin. Lari cepat atau berjalan atau bertempur, seperti tinju atau seni bela diri, bisa menjadi cara yang berguna melepaskan amarah.

6. Temukan saluran alternatif untuk marah

Cara ini dapat membantu mengekspresikan kemarahan dengan cara yang membatasi bahaya bagi orang lain. Seperti merobek kertas atau koran, menghancurkan es batu di atas wastafel, atau meninju samsak atau menjerit ke bantal.

7. Mengalihkan perhatian

Cara ini dilakukan dengan mengalihkan perhatian pada sesuatu atau aktivitas, seperti menari dengan musik yang energik, mandi dengan santai, atau membangun, memperbaiki, menulis, atau menggambar. Cara ini efektif dapat memberikan jarak dari masalah dan amarah.

Jadi jika marah, tak ada salahnya mencoba langkah tersebut. (zul)

 

Komentar telah ditutup.