Ekonomi

Bea Cukai Jateng DIY Selamatkan Hampir Rp 1 Miliar Potensi Kerugian Negara dari Rokok Ilegal

Editor: Ali Rahman

indopos.co.id - Dalam rangka pengamanan hak keuangan negara, khususnya terkait dengan produksi, peredaran, dan perdagangan barang kena cukai, Bea Cukai kian gencar memberantas praktik perdagangan rokok ilegal dan tidak sehat. Seperti aksi petugas Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang mengamankan dua juta batang rokok ilegal siap edar dengan tujuan wilayah Lampung, pada sebuah kendaraan angkut di Jalan Tol Tanjungmas - Srondol KM.17, Sawah Besar, Gayamsari, Semarang, Minggu (7/4/2019).

Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Tengah dan DIY, Parjiya mengungkapkan kronologi penindakan ini. “Bermula dari informasi masyarakat bahwa akan ada pengiriman rokok ilegal dengan tujuan lampung, tim penindakan dan penyidikan Kanwil Bea Cukai Jateng DIY pun segera menindaklanjuti informasi tersebut. Penelusuran dilakukan di wilayah Demak hingga ke arah Semarang, dan tepat di Jalan Tol Tanjungmas – Srondol KM.17, Sawah Besar, Gayamsari, Semarang, dan berhasil menegah sebuah kendaraan angkut Mitsubishi Colt Diesel berwarna kuning berisikan rokok yang diduga ilegal," kata dia.

Dalam pemeriksaan lebih lanjut pada sarana pengngkut tersebut, lanjut Parjiya, ditemukan 2.080.000 batang rokok polos jenis sigaret kretek mesin berbagai merek dengan perkiraan nilai barang sebesar Rp 1.487.200.000 dan dengan potensi kerugian negara sebesar Rp 981.895.200. Selain barang hasil penindakan tersebut, juga diamankan dua orang yang berada di sarana pengangkut untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Kedua orang tersebut berinisial KW sebagai supir dan berinisial H sebagai penumpang yang mengenal penerima barang.

“Penindakan ini merupakan salah satu bukti keseriusan Bea Cukai dalam penegakkan hukum di bidang cukai dan memberikan keadilan bagi para pengusaha rokok yang selama ini taat terhadap aturan yang ada,” tegasnya. (adv)

Berita Lainnya kan

Banner

Kanal BCTV

Twitter