Wahidin: Stop Pungli di Banten Lama

indopos.co.id – Meskipun banyak kalangan mengakui penataan kawasan Banten Lama yang jadi destinasi wisata religi di Provinsi Banten sudah baik karena fasilitas publik itu sudah banyak dinikmati warga. Tapi bukan berarti membuat Gubernur Banten Wahidin Halim merasa puas.

Pasalnya, masih banyak yang harus diselesaikan oleh organisasi perangkat daerah (OPD) yang mengelola revitalisasi kawasan sejarah tersebut. Beberapa poin yang harus segera diselesaikan diantaranya meliputi aspek keamanan, kebersihan, pengelolaan parkir dan akses masuk ke kawasan Banten Lama .

”Saya masih menemukan pelaku pungutan liar (pungli) yaitu tukang parkir jika masuk ke kawasan Banten Lama,” terang Wahidin saat memimpin rapat evaluasi terbatas dengan para OPD yang memiliki tugas mengembangkan kawasan Banten Lama, Selasa (9/4/2019) di Pendopo Gubernur Banten, KP3B, Curug, Kota Serang.

Karena itu, Wahidin meminta agar kawasan Banten Lama dikelola lebih profesional. ”Hitung biaya segera kebutuhan biaya tenaga keamanan, tenaga kebersihan, juru parkir, trantib dan pemeliharaan kawasan Banten Lama. Pakaikan seragam yang khas. Buat pengunjung yang datang ke Banten jadi nyaman,” cetus Wahidin juga.

Wahidin juga menekankan agar perekrutan tenaga kerja diprioritaskan untuk warga yang tinggal di sekitar Kawasan Banten Lama agar revitalisasi daerah itu berdampak dan dirasakan oleh masyarakat sekitar kawasan. ”Tapi sebelumnya, diberikan pelatihan pelayanan publik agar mereka membantu pengunjung,” papar gubernur yang akrab disapa WH ini. (yas)

Komentar telah ditutup.