Kesra

Petugas Panwas Se-Indonesia Perlu Perlindungan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
Petugas Panwas Se-Indonesia Perlu Perlindungan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan - Kesra

TERLINDUNGI- Penyerahan santunan manfaat program Jaminan Kematian (JKM) senilai Rp 24 juta kepada ahli waris Alm. M. Adi Hendrawan yang berprofesi Pengawas Kecamatan (Panwascam) Cakung, Jakarta Timur.FOTO:BPJSTK

indopos.co.id - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Jakarta Kelapa Gading menyerahkan santunan manfaat program Jaminan Kematian (JKM) senilai Rp 24 juta. Penerimanya ahli waris Alm. M. Adi Hendrawan yang berprofesi Pengawas Kecamatan (Panwascam) Cakung, Jakarta Timur.

Penyerahan berlangsung di Hotel Best Western Plus Kemayoran, Jakarta,Rabu, (10/04/2019) di sela kegiatan Rakernis Persiapan Pengawasan Pemungutan dan Penghitungan Suara pada Pemilu 2019. Santunan diserahkan langsung oleh PPs Kepala Kantor Cabang (Kakacab) BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Kelapa Gading Adie Mulyadi Setiawan kepada Komisoner Bawaslu Prov DKI Jakarta Sitti Rakhman, SP, MM selaku yang mewakili ahli waris dari Alm. M. Adi Hendrawan.

”Kami turut duka cita kepada keluarga  ahli waris dan berharap bantuan tersebut dapat bermanfaat. Juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Bawaslu Prov DKI Jakarta yang telah sadar akan pentingnya perlindungan dan manfaat Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi seluruh insan di lingkungan Bawaslu Prov DKI Jakarta sehingga kemalangan yang menimpa pihak ahli waris ada yang menjamin,” ungkap Adie Mulyadi Setiawan.

Sementara itu Pps Kakacab BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Kelapa Gading berharap agar ke depan tidak hanya Bawaslu Provinsi DKI Jakarta saja yang sadar akan Jaminan Sosial Ketenagekerjaan. Namun Bawaslu Provinsi lain juga dapat mengikuti.

Program Jaminan Kematian merupakan salah satu program BPJS Ketenagakerjaan. Program lain yang dimiliki oleh BPJS Ketenagakerjaan yaitu Jaminan Hari Tua, Jaminan Kecelakaan Kerja, dan Jaminan Pensiun. Santunan kematian sendiri diberikan kepada peserta aktif  BPJS Ketenagakerjaan yang meninggal diluar hubungan kerja. ”Apabila peserta telah mencapai kepesertaan selama 60 bulan, maka akan diberikan manfaat tambahan yaitu pemberian beasiswa kepada ahli waris yang masih bersekolah,” tambah Adie.

Senada dengan Adie, Mochammad Afifudin, S.Th.I, M.Si dari Bawaslu RI Divisi Pengawasan dan Sosialisasi yang ikut hadir sebagai pembuka acara tersebut juga sangat mendukung akan diberikannya Perlindungan dan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi segenap Panwas yang ada di Indonesia. Karena terjun langsungnya Panwas ke masyarakat terkadang memiliki risiko-risiko tertentu.

Almarhum M. Adi Hendrawan sendiri terdaftar dalam BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Kelapa Gading sejak Desember 2018. Almarhum masih berstatus belum menikah sehingga santunan diberikan kepada ibu kandung almarhum. Santunan kematian yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan ini sangat dirasakan manfaatnya oleh keluarga ahli waris, karena  biaya pemakaman juga diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan, tambah Afifudin.(dni)

Baca Juga


Berita Terkait


Baca Juga !.