Megapolitan

303 Calhaj Belum Lunasi ONH

Redaktur:
303 Calhaj Belum Lunasi ONH - Megapolitan

ILUSTRASI

indopos.co.id - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tangerang memberikan tenggang waktu lima hari lagi kepada calon jemaah haji (calhaj) untuk melunasi ongkos naik haji (ONH). Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tangerang, Badri Hasun mengatakan, penetapan akhir pelunasan ONH lantaran dana itu harus disetorkan untuk membayar keperluan para calhaj. Seperti membayar tiket pesawat, penginapan dan keperluan lain.

”Sudah terlambat, jadi harus segera dilunasi. Kami harus tegas. Maka tanggal 5 nanti, semua administrasi selesai. Dananya harus segera disetorkan karena waktunya juga sudah mepet,” katanya, Rabu (10/4/2019).

Dijelaskan Badri juga, jumlah calhaj dari Kabupaten Tangerang yang akan berangkat ke tanah suci mencapai 2.324 orang. Dari jumlah tersebut 87 persen atau 2.021 calhaj yang baru melunasi ONH. Sedangkan sisanya sebanyak 303 calhaj belum melunasi kewajibannya.

”Kami sudah surati calhaj itu, jangan sampai di hari H mereka komplain. Jika mereka melunasi ini maka persiapan berangkat pun tidak terganggu," paparnya. Tak sampai disana, Badri mengaku, jika sampai tenggat waktu tersebut calhaj tidak melunasi dianggap gugur.

Untuk dikehui, besaran biaya haji 2019 diatur dalam Keputusan Presdien (Keppres) Nomor 8 Tahun 2019 tentang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 1440H/2019. Untuk Tangerang yang masuk embarkasi Jakarta mencapai Rp 34.987.280.

Pengamat Kebijakan Publik Andrinof Chaniago mengaatkan seharusnya Kantor Kemenag Kabupaten Tangerang bisa memberikan penambahan waktu pelunasan biaya haji kepada calhaj. Dia memastikan ada kendala jika calhaj terdaftar belum melunasi kewajibannya.

”Diberikan kesempatan, mungkin bagi yang ekonomi atas itu mudah. Bila perlu di datangi untuk ditanyakan apa penghambatnya. Kan tidak semua bisa disamakan, apalagi terkait biaya," tuturnya. (cok)

Berita Terkait

Kesra / Sapuhi Berikan Solusi  Gunakan Kuota Haji Tambahan

Headline / Sekjen Kemenag Diperiksa KPK

Nasional / Panitia Seleksi Jabatan Kemenag Diperiksa KPK


Baca Juga !.