Hukum

Diwarnai Aksi Demo, Panggung Rakyat

Redaktur: Ali Rahman
Diwarnai Aksi Demo, Panggung Rakyat - Hukum

indopos.co.id - Aksi demo sejumlah elemen mahasiswa mewarnai acara Panggung Rakyat KPK, Kamis (11/4/2019). Pengunjuk rasa mempertanyakan independensi lembaga tersebut. Adapun acara yang digelar di depan kantor KPK di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, untuk memperingati Dua Tahun Kasus Novel.

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah menegaskan bahwa KPK adalah institusi yang independen. "KPK adalah institusi yang independen. Kami pastikan itu. Sikap kita sama," tegas Febri dari atas Panggung Rakyat KPK, Kamis (11/4/2019).

"Kami tegaskan seluruh pimpinan, staf dan seluruh pegawai KPK, yang berjumlah lebih dari 1.600 orang tidak boleh terafiliasi dengan partai politikndan juga politik praktis," tegas Febri.

Lebih lanjut Febri mengatakan, terkait isu yang berkembang, bahwa ada salah satu pengurus partai menyebutkan Novel orang kita, Febri memastikan itu tidak benar. "Kami pastikan istilah orang kita, teman kita, itu hanya klaim mereka," ujarnya.

Lebih lanjut Febri juga menegaskan, mereka yang hadir di acara Dua Tahun Kasus Novel tidak punya kepentingan politik praktis. "Jadi jika ada yang mengklaim ada orang yang dekat dengan Novel atau KPK, itu klaim sepihak. Sikap KPK sudah jelas. Ada isu-isu, itu ingin KPK ditarik ke ranah politik dan KPK menolak," ujarnya.

Febri menambahkan, forum Panggung Rakyat, merupakan forum kita semua. "Siapapun bisa ke sini," ujarnya.

Bahkan kata Febri, siapapun bisa datang baik itu mendukung atau mendemo KPK. "Kita tidak melarang. Demonstrasi yang menolak KPK juga kami dengar karena itu aspirasi publik yang dijamin Undang-Undang," pungkasnya.

Adapun acara peringatan Dua Tahun Novel, yang dijadwalkan berlangsung pukul 13.00 WIB hingga 18.00 WIB, diimeriahkan dengan beragam acara. Seperi Panggung Rakyat : Aksi Damai, Orasi, Deklarasi Anti Korupsi dan Musik. Kemudian pada pukul 19.00 WIB, akan ada Sarasehan Budaya di Lobby Gedung Merah Putih KPK, oleh Cak Nun. (dai)

Berita Terkait


Baca Juga !.