Wisata Kuliner Jojorong di Serang

indopos.co.id – Tidak hanya pemandangan alam yang indah, wisata kuliner juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Indonesia. Pasalnya, di Indonesia ada beragam kuliner daerah yang patut dicoba.

Misalnya saja, Kue Dongkal dari Jawa Barat yang terbuat dari tepung beras, gula aren, dan kelapa yang dicetak dalam bentuk kerucut. Ada pula Kue Jojorong yang hanya ada di saat bulan Ramadan.

Kue ini khas kudapan Serang, Banten. ”Jojorong ini dibuatnya dari tepung beras, santan, dan sagu kemudian diaduk. Di bagian bawah ada gula merah dan gula putih, lalu adonan baru diberi santan kental. Makanan ini sudah mulai langka, adanya hanya saat Puasa di Kota Serang,” kata Yayah Sulistianti, pembuat kue jajanan pasar khas Serang saat ditemui di acara ”Ragam Kuliner Nusantara Perempuan Jenggala” di Depok, baru-baru ini.

Ketua Umum Perempuan Jenggala Vicky W Kartiwa mengatakan, kegiatan ini bakal digelar di berbagai daerah di bulan Ramadan nanti. Melalui kegiatan ini, dia berharap selain memotivasi perempuan Indonesia mengembangkan kuliner nusantara sebagai bagian dari daya tarik wisata Indonesia. ”Di bulan Ramadan nanti kami akan menggelar acara serupa di berbagai daerah,” tutupnya. (dew)

Komentar telah ditutup.