Meriahkan HUT Kota Depok Ke – 20, Pemkot Gelar Festival Kerajinan IKM

indopos.co.id – Ragam cara dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok untuk memeriahkan hari ulang tahun (HUT) kota ke – 20 kepada masyarakat. Salah satunya menggelar ragam festival kerajianan dari industri kecil dan menengah (IKM). Kegiatan tersebut pun dilaksanakan selama delapan hari ke depan.

Ketua Panitia HUT Kota Depok sekaligus Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Dadang Wihana mengatakan, keputusan menggelar festival kerajinan dari ratusan IKM tersebut untuk mengundang masyarakat hadir dalam memeriahkan hut kota ini. Dimana, daya beli masyarakat untuk membeli produk lokal dari IKM saat ini cukup besar. Mengingat, kualitas sejumlah kreasi kerajinan tersebut telah diekspor ke manca negara.

“Kami ingin menumbuhkan kecintaan masyarakat akan produk lokal. Nah kesempatannya adalah dalam perayaan Hut Depok ini. Jadi mereka bisa berwisata belanja produk lokal berkualitas dengan harga terjangkau,” katanya saat dijumpai di Pemkot Depok, Jumat (12/4/2019).

Menurutnya, dengan menyuguhkan sejumlah festival kerajinan dsri IKM dan kegiatan lain membuat masyarakat jeli membuka peluang usaha. Dan salah satu tujuan Pemkot Depok adalah menjadikan kota ini sebagai kota wisata dengan ribuan kearifan lokal.

“Jika berhasil maka pertumbuhan ekonomi masyarakat akan meningkat. Contohnya Bali dan beberapa daerah lain yang punya kerjainan lokal yang diminati wisatawan asing,” ujar Dadang.

Dijelaskan Dadang, selain festival kerajinan dari IKM, ada beberapa rangkaian kegiatan lain saat perayaan Hut Depok ke-20. Diantaranya, lomba band antar pelajar SMA/SMK, lomba senam, musik tradisional, sepeda santai sepanjang 20 KM, lomba lari tingkat pelajar SD dan SMP, dan lomba busana, sampai lomba menghias gapura terunik. Kegiatan perayaan hari jadi kota ini akan dilaksanakan pada 20 April hingga 28 April 2019 mendatang.

“Selama delapan hari acara ini kami gelar. Nanti acara puncaknya akan ada penyerahan hadiah bagi pemenang lomba. Kami hanya berharap Hut Depok dapat memberikan warna tersendiri bagi masyarakat,” imbuhnya.

Sementara, Ketua Dekranasda Kota Depok, Elly Farida Idris menuturkan, ada sekitat 300 lebih IKM yang akan ambil bagian dalam festival kerajinan dalam perayaan Hut Depok ke-20. Mereka akan menampilkan berbagai produk kerajinan dari pelaku IKM Depok. Sepeti batik, lukisan, dan hasil kerajinan lain. Kemudian juga pihaknya juga akan menggelat peragaan busana Muslim dengam motif batik Depok dari hasil karya dari desainer kota ini.

“Tentunya semua IKM sangat antusias dalam acara ini. Kami ingin mengangkat berbagai potensi yang dimiliki masyarakat kota ini biar dikenal lagi. Pendaftarannya sudah dibuka dan peminatnya banyak sekali,” tuturnya. (cok)

 

 

Komentar telah ditutup.