Headline

Joko Widodo Mencoblos di Jepang

Redaktur: Nurhayat
Joko Widodo Mencoblos di Jepang - Headline

Mahasiswa Indonesia di Jepang, Joko Widodo bersama Istri Devitra Saka Rani di tengah antrean pemilih yang akan melakukan pemungutan suara Pemilu 2019, di Sekolah Rakyat Indonesia Tokyo, Meguro, Tokyo, Jepang, Minggu (14/4/2019).Foto: Joko Widodo for INDOPOS

indopos.co.id - Joko Widodo melakukan pencoblosan untuk Pemilu 2019 di Tokyo, Jepang. Joko Widodo ini bukan calon presiden yang ikut dalam kontestasi Pilpres 2019. Joko Widodo yang satu ini adalah seorang mahasiswa Program S-3 (Ph.D) di Chiba University, Japan.

Bersama istrinya Devitra Saka Rani yang juga menimba ilmu di Universitas Tsukuba, Joko Widodo bergabung bersama ribuan WNI lainnya di Sekolah Rakyat Indonesia Tokyo (SRIT), Jepang, Minggu (14/4/2019).

SRIT ini dipilih karena letak bangunannya menyatu dengan Balai Indonesia, di Meguro, Tokyo, Jepang. Balai Indonesia sendiri merupakan gedung balai pertemuan milik Indonesia di Tokyo. ”Pemungutan suara sudah sejak dari pukul 08.00 waktu Jepang,” kata Joko lewat keterangan tertulisnya kepada Indopos, Minggu (14/4/2019).

“Saya dapat jadwal mencoblos sesuai undangan pukul 17.00 hingga 18.00. Sehingga, saya baru datang ke sini (SRIT) pukul 16.30 waktu di sini,” imbuh Joko.

Joko menyebutkan, hingga pukul 18.30, dirinya baru bisa memasuki ruang TPS. ”Beberapa WNI yang tinggal jauh di luar kota Tokyo memutuskan untuk meninggalkan TPS dan tidak memilih akibat antrean yang panjang,” jelasnya.

Joko mengatakan, dia mendapat keterangan dari Rusli, salah satu petugas Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Tokyo yang ada di lokasi, urutan prosesnya pukul 08.00 dengan melakukan pendaftaran buat DPK. “Jam 4 sore ambil antrean untuk nyoblos, jam 5 proses nyoblos," tulisnya.

Saat ditanya mengapa ia rela meluangkan waktunya untuk mengikuti proses pemungutan suara, alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) ini menjawab singkat, "Demi negara."

Pemungutan suara di luar negeri sudah dimulai pada 8 April hingga 14 April 2019, menurut keterangan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Namun, penghitungan suara tetap dilakukan pada 17 April 2019 mendatang. (yay)



Baca Juga


Berita Terkait

Nasional / Sofyan Jacob Ditetapkan Tersangka

Nasional / Kivlan Zen Ajukan Penangguhan Penahanan ke Menhan

Nasional / Mabes Polri Ungkap Benda-benda Mematikan Aksi 21-22 Mei

Nasional / Aksi Dugaan Makar Seret Mantan Kapolda Metro

Politik / Golkar Disebut Jadi Korban Sistem Pemilu


Baca Juga !.