Nasional

Gerakan Khataman Alquran sebagai Tonggak Kekuatan dan Persaudaraan Bangsa

Redaktur: Ali Rahman
Gerakan Khataman Alquran sebagai Tonggak Kekuatan dan Persaudaraan Bangsa - Nasional

Inisiator Gerakan Khataman Alquran Muhaimin Iskandar, di Masjid Sunan Ampel, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (14/4/2019).

indopos.co.id - Khataman Alquran serentak se-Indonesia menjadi puncak acara Nusantara Bertauhid yang digelar Nusantara Mengaji. H. A. Muhaimin Iskandar selaku inisiator gerakan khataman Alquran ini mengatakan kegiatan ini sebagai tonggak kekuatan imam dan persaudaraan bangsa.

Pasalnya, Muhaimin menilai banyak perpecahan sesama saudara sebangsa bahkan sesama umat yang terjadi di beberapa negara, bukan tidak mungkin akan timbul di Indonesia. "Di beberapa negara lain, di Libya hingga terakhir terjadi kekerasan di New Zealand. Maka mudah-mudahan dengan Khataman Alquran ini, kengerian tersebut tidak sampai terjadi di sini," papar dia, di Masjid Sunan Ampel, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (14/4/2019).

Lanjutnya, potensi perpecahan ini sangat mungkin timbul akibat persaingan selama masa pemilu. Muhaimin yang juga wakil ketua MPR RI pun menegaskan untuk lebih mengedepankan kebersamaan dan persatuan.

"Sekeras apapun persaingan dalam politik hanya sarana dan alat sebagai upaya menuju baldatun thoyyibatun wa rabbun ghofur. Tidak ada persaingan yang harus terus dipertahankan. Karena kebersamaan dan persatuan lebih utama," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Kornas Nusantara Mengaji H. Jazilul Fawaid menambahkan, selain di Sunan Ampel, Surabaya, puncak khataman Alquran Nusantara Bertauhid ini juga dipusatkan di Aceh dan Papua. Di tiga tempat ini, kata Jazik, kegiatan Khataman Alquran diharapkan menjadi tonggak perekat persatuan.

"Sebelumnya kita telah mengadakan Khataman Alquran di Makam Syekh Quro, Karawang, kemudian di kesultanan Banten, Pondok Tahfidzul Qur'an Yanbuul Quran, Kudus, dan kini kita melaksanakan khataman Alquran serentak se-Indonesia," kata dia.

"Hari kita mengadakan khataman Alquran hampir di seluruh wilayah di Indonesia yang dipusatkan di tiga titik, yakni Aceh, Surabaya, dan Papua. Mudah-mudahan di tiga tempat ini menjadi tonggak kekuatan keimanan serta kekuatan persatuan bangsa," pungkas Jazik yang juga anggota DPR RI Dapil Lamongan-Gresik. (mdo)

 

 

Berita Terkait

Politik / Cak Imin Ajak Warga Sukseskan Pemilu 2019, Ini Seruannya

Kesra / Dari Bobotoh Viking hingga Bikers Ikut Khataman Alquran

Nasional / Cak Imin Ingin Pimpin PSSI, Fraksi PKB DPR Dukung Penuh

Nasional / Santri Harus Melek Teknologi dan Harus Berinovasi


Baca Juga !.