Nasional

Uji Coba Biodiesel B100 untuk Alat Pertanian

Redaktur: Ali Rahman
Uji Coba Biodiesel B100 untuk Alat Pertanian - Nasional

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melakukan pengisian bahan bakar Biodiesel B100 di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Senin (15/4/2019). Biodiesel yang berasal dari Crude Palm Oil (CPO) ini harapannya dapat dipergunakan secara umum di masyarakat. Foto: Charlie Lopulua/INDOPOS

indopos.co.id - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menggelar uji coba perdana soft launching Biodiesel B100. Soft launching tersebut, dilakukan terhadap alat-alat pertanian, traktor roda dua, empat dan kendaraan roda empat, Senin (15/4/2019).

Ia menyebutkan bahwa ini bukan hal baru. Karena sudah memulai 2 hingga 3 tahun lalu. Berkat arahan Presiden, dari B20 melompat ke B100. Profesor Sudibyo yang meneliti prosesing dan ada 10 mobil diuji coba dengan 60 ribu kilometer (km). Kemudian pihaknya mencoba 50 mobil dan ini tahap uji coba.

"Kedepan kita kurangi impor. Kebutuhan dalam negeri kita yang 20 juta ton menghemat devisa 600 triliun rupiah. Ini menghemat dan ramah lingkungan," ujar Andi Amran Sulaiman tersenyum dalam soft launching Biodiesel B100 di Halaman Kementerian Pertanian, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (15/4/2019).

Amran menambahkan, meningkatkan petani sawit. Produksinya capai 46 juta cpo, 34 juta untuk ekspor. Nantinya uji coba, dilihat, amati khusus traktor roda 2 dan 4 meminta dirjen PSP. Agar menyesuaikan menggunakan B100 cpo mulai sekarang. "Ini energi masa depan untuk Indonesia. Menghemat 30 persen, tidak ada polusi," tandasnya.

"Menghemat cadangan fosil. Ini tidak menggunakan asap dan ramah lingkungan," tambahnya. (ibl)

 

Berita Terkait


Baca Juga !.