Politik

Ajakan Tidak Golput Menguat

Redaktur: Darul Fatah
Ajakan Tidak Golput Menguat - Politik

Foto : Ilustrasi

indopos.co.id - Rumah Mediasi Indonesia mengimbau masyarakat untuk tidak golput pada Pemilu 17 April 2019. Direktur Rumah Mediasi Indonesia M Ridha Saleh di Jakarta, Senin (15/4/2019), mengatakan bahwa hak memilih dan dipilih merupakan hak konstitusional warga negara yang diatur UUD 1945.

Selain itu, dalam Pasal 21 ayat (1) Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia disebutkan bahwa setiap orang berhak turut serta dalam pemerintahan negaranya, secara langsung atau melalui wakil-wakil yang dipilih dengan bebas. "Pasal ini mengandung dua makna eksplisit, bahwa dalam kehidupan pemerintahan setiap orang berhak untuk dipilih dan memilih, kedua subjek tersebut memiliki posisi yang sama dalam berpartisipasi dalam kehidupan pemerintahan," kata Ridha Saleh.

Mantan komisioner Komnas HAM ini menjelaskan, konsep hak pilih universal awalnya merujuk pada hak pilih seluruh penduduk, tanpa memandang harta kekayaan. Negara pertama yang menerapkan konsep hak pilih universal adalah Perancis pada 1792. Hak pilih universal berarti semua penduduk boleh memilih dalam pemilihan umum. Meskipun hak pilih memiliki dua komponen yang penting, yaitu hak untuk memilih dan kesempatan untuk memilih.

Terkait hak memilih (right to vote), Ridha menjelaskan, setiap warga negara yang akan memberikan hak pilihnya harus memenuhi syarat-syarat administratif dan substantif. "Dalam konteks hak asasi manusia, hak pilih juga mengandung dua makna yaitu hak untuk memilih dan hak untuk tidak memilih, terkait dengan hak untuk tidak memilih atau golput secara politik diberikan afirmasi yaitu dikarenakan berbagai alasan ideologis atau kesadaran politik yang melatarbelakangi pemegang hak pilih tersebut," jelas dia.

Pengamat Komunikasi Politik Emrus Sihombing berpendapat, satu suara sangat menentukan masa depan Indonesia di lima tahun mendatang. Dengan ikut berpartisipasi dalam pemilu, masyarakat memiliki landasan etika dan moral untuk mengkritik pemimpin pilihan mereka di masa yang akan datang. (ant)

TAGS

Berita Terkait

Headline / Ini Perolehan Suara Pilpres hingga Sore Ini

Nasional / Entri Data Ditarget Dua Hari Beres

Politik / DKPP Siap Terima Laporan

Headline / Ini Fatwa MUI soal Menyebar Hoaks


Baca Juga !.