Megapolitan

Almarhum Petugas PPSU Wariskan Klaim Rp 182 Juta

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
Almarhum Petugas PPSU Wariskan Klaim Rp 182 Juta - Megapolitan

PERLINDUNGAN-Penyerahan klaim BPJS Ketenagakerjaan di Kantor Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara.FOTO:IST

indopos.co.id - BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jakarta Kelapa Gading menyerahkan santunan manfaat program Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Kecelakaan Kerja senilai Rp 182.905.680.  Penerimanya ahli waris peserta Alm Syaepudin yang bekerja sebagai petugas Penaganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara, Senin, (15/04/2019).

Penyerahan simbolis berlangsung di Kantor Kecamatan Kelapa Gading. Santunan diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Cabang (Kakacab) Jakarta Kelapa Gading, Pepen S. Almas kepada ahli waris dari Alm. Syaepudin yang diwakilkan oleh Ibu Kandung Alm. Syaepudin. Hadir dalam acara tersebut para lurah serta kasi se- Kecamatan Kelapa Gading.

Pepen mengungkapkan, musibah yang menimpa berawal dari mendiang Syaepudin memotong pohon. Akan tetapi dirinya terjatuh dari pohon. ”Saudara Syaepudin sempat dilarikan ke Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK) BPJS Ketenagakerjaan RS Mitra Keluarga Kelapa Gading untuk mendapatkan perawatan intensif sekitar kurang lebih satu bulan namun akhirnya korban meninggal dunia,” ungkap Pepen.

Menurut, Pepen  atas musibah tersebut pihaknya menyampaikan duka cita mendalam kepada keluarga yang ditinggalkan. ”Hari ini secara simbolis kami serahkan santunan yang menjadi hak dari Almarhum Syaepudin kepada ibunya selaku ahli waris yang sah sebesar Rp 182 juta sebagai manfaat Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dari BPJS Ketenagakerjaan atau senilai 48 kali gaji Syaepudin,” ujarnya.  

Menurutnya, pemberian santunan tersebut bentuk kewajiban dari pemerintah melalui BPJS Ketenagakerjaan. Karena Pemprov DKI sebagai pemberi kerja almarhum memberikan kepesertaan program perlindungan dan tertib mengikuti aturan – aturan main BPJS Ketenagakerjaan. ”Ke depannya semoga santunan ini dapat diterima dan dapat meringankan beban keluarga almarhum yang ditinggalkan,” ungkap Pepen.

Selain dalam bentuk santunan, BPJS Ketenagakerjaan juga telah menanggung seluruh biaya pengobatan almarhum sebesar Rp 224 jt. ”Ini juga merupakan bukti konkrit dan komitmen BPJS Ketenagakerjaan untuk melindungi pekerjan formal maupun informal,” cetus Pepen.

Senada dengan hal tersebut, Suci Cyntia, mewakili Camat Kelapa Gading memberikan apresiasi setinggi – tingginya kepada BPJS Ketenagakerjaan. Yakni, telah memberikan respons cepat dan bantuan dalam bentuk santunan kepada ahli waris Alm Syaepudin. ”Semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi keluarga yang ditinggalkan dan semoga Alm khusnul khatimah,” ujarnya.

Untuk itu dirinya berharap BPJS Ketenagakerjaan jangan kendor dalam menyosialisasikan manfaat program BPJS Ketenagakerjaan. Dengan adanya musibah ini menjadikan lecutan bagi seluruh masyarakat. Yaitu, betapa pentingnya program perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi seluruh masyarakat pekerja. ”Nantinya masyarakat akan mendaftar dengan sendirinya karena kesadaran pentingnya jaminan social ketenagakerjaan,” tambah Suci.(dni)

Berita Terkait


Baca Juga !.