Politik

Bawaslu DKI Akan Kawal Rekapitulasi Tingkat Kecamatan

Redaktur: Ali Rahman
Bawaslu DKI Akan Kawal Rekapitulasi Tingkat Kecamatan - Politik

Ilustrasi

indopos.co.id - Proses rekapitulasi penghitungan suara (tungra) pemilihan umum (Pemilu) 2019, secara berjenjang akan dilakukan ditingkat kecamatan. Hal itu setelah penghitungan surat suara rampung dilakukan di tingkat tempat pemungutan suara (TPS).

Pantauan INDOPOS, penghitungan suara di tingkat Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Kamis (18/4/2019) masih belum dilakukan.

Namun begitu sejumlah petugas dari panitia pemungutan suara (PPS) Kelurahan se -Kecamatan Tanah Abang sudah bersiap di lokasi tungra, di GOR Kecamatan Tanah Abang, di kawasan Bendungan Hilir.

"Perhitungan suara untuk tingkat kecamatan, tadi kami diberitahukan akan dilakukan Jumat besok di GOR. Sekarang kita rapat persiapan tungra tingkat kecamatan," ujar anggota PPS Kelurahan Petamburan, Boedi Pamungkas, di GOR Kecamatan Tanah Abang, Kamis (18/4/2019).

Rusdi, anggota PPS Kelurahan Petamburan menambahkan, penghitungan suara di TPS, pada Rabu (17/4/2019) ada yang berlangsung hingga Kamis dini hari (18/4/2019).

"Bahkan ada yang sampai subuh. Jadi istirahat dulu, besok katanya akan dimulai ditingkat kecamatan," jelasnya.

Sementara itu, anggota KPPS 54 di Kelurahan Bendungan Hilir, Andri, mengakui proses perhitungan suara di TPS, memang sampai dini hari.m"Yang agak lama bukan menghitungnya sih. Tapi banyaknya surat yang perlu diisi dan ditandatangani," ujarnya, Kamis (18/4/2019).

Sementara itu, Komisioner Bawaslu DKI
Puadi mengatakan, pihaknya akan mengawal proses tungra oleh KPU secara berjenjang.

"Kita mengawal rekap secara berjenjang. Sejak di TPS dan nanti di Kecamatan. Kami sudah instruksikan jajaran Bawaslu DKI. Pengawalan rekapitulasi akan terus kami lakukan hingga tingkat provinsi. Dalam hal ini, sesuai tugas kami di Provinsi DKI," ujar Puadi, Kamis (18/4/2019).

Sementara itu, pantauan INDOPOS, sejumlah relawan tampak berjaga dan bersiap di GOR Tanah Abang. Lokasi tersebut menjadi tempat logistik hasil tungra tingkat PPS di simpan di sana.

Selain relawan, sejumlah petugas kepolisian dan TNI juga tampak menjaga GOR, tempat rekapitulasi tungra akan dilakukan. (dai)

Berita Terkait

Headline / Pengunjung Pasar Tanah Abang Tambah Ramai

Megapolitan / MK Putuskan Gugatan Prabowo Maksimal 14 Hari

Megapolitan / Delapan Kompi TNI/Polri Amankan Mahkamah Konstitusi

Politik / Penetapan Caleg Daerah Tunggu Juknis KPU-RI

Headline / Kawasan Thamrin Kembali Normal


Baca Juga !.