Daerah

Surat Suara Nyasar

Redaktur: Heryanto
Surat Suara Nyasar - Daerah

LOGISTIK-Pekerja menata surat suara ke dalam kardus saat pengepakan surat suara di gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kudus, Jawa Tengah, Kamis (14/3/2019). ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/AWW.

indopos.co.id - Sebanyak delapan lembar surat suara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pacitan" nyasar" ke Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, setelah ditemukan petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS).

Delapan surat suara DPRD Pacitan tersebut ditemukan petugas di TPS 03, Desa Mangunharjo, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi. Atas temuan itu, KPPS melapor dan berkoordinasi dengan KPU Kabupaten Ngawi.

Surat suara tersebut kemudian dikumpulkan secara terpisah untuk nantinya dserahkan ke KPU Ngawi. "Surat suara itu ditemukan saat petugas KPPS melakukan pemeriksaan dan pemberian stempel pada surat suara yang akan digunakan untuk memilih oleh para pemilih," ujar petugas KPPS setempat, Supono, di Ngawi, Rabu (17/4).

Supono memastikan, temuan surat suara tersebut tidak mempengaruhi jalannya proses pemungutan suara di TPS setempat. "Hasil koordinasi dengan KPU, surat suara tersebut disimpan terpisah untuk nantinya diserahkan ke petugas KPU Ngawi," kata dia.

Data KPU Ngawi menyebutkan, jumlah DPT Pemilu 2019 di Kabupaten Ngawi mencapai 705.092 pemilih. Dari jumlah tersebut dibutuhkan sebanyak 3.601.895 lembar surat suara, baik untuk pemilihan presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi Jatim, dan DPRD Ngawi. Guna mengatasi kekurangan surat suara, KPU Ngawi menggunakan sejumlah surat suara rusak ringan yang masih bisa dipergunakan setelah dilakukan sortir dan pelipatan ulang.(ant)

Berita Terkait

Headline / Berharap Prabowo dan Jokowi Foto Berangkulan

Headline / Sore Ini, BPN Ajukan Gugatan ke MK

Megapolitan / Mayoritas Tersangka Kerusuhan Pengangguran

Nasional / Polisi Tambah Kawat Berduri di Depan Bawaslu


Baca Juga !.