Kebun Raya Cibodas Alami Peningkatan Kunjungan Jelang Libur

indopos.co.id – Pengelola Kebun Raya Cibodas (KRC) Cianjur, Jawa Barat, mencatat angka kunjungan menjelang musim libur sekolah mulai meningkat  yang diperkirakan mencapai belasan ribu orang per hari yang didominasi rombongan pelajar.

Humas Kebun Raya Cibodas, Dwi Novia Puspitasari pada wartawan Kamis, mengatakan sejak Maret hingga April sekitar 60 ribuan orang wisatawan mengunjungi tempat wisata yang memiliki jutaan koleksi tanaman itu.

“Menjelang musim libur sekolah ini, tingkat kunjungan ke KRC sudah terlihat peningkatan yang cukup tinggi. Perkiraan kami angka kunjungan akan mencapai belasan ribu orang,” katanya, Kamis (18/4/2019).

Ia menjelaskan, angka kunjungan pada hari biasa masih didominasi wisatawan lokal, namun pada akhir pekan banyak pengunjung luar kota seperti Jabodetabek dan mancanegara. Meningkatnya angka kunjungan tambah dia, terlihat sejak dibuka kembali jalur Puncak-Bogor.

“Setelah jalur puncak kembali dibuka setelah tertutup dari kendaraan besar selama setahun, cukup berpengaruh terhadap angka kunjungan yang kembali meningkat terutama rombongan yang menggunakan bus,” katanya.

Ia menuturkan, tidak ada fasilitas atau sarana penunjang yang ditambahkan di KRC menjelang masuknya musim libur, namun hal tersebut tidak mengurangi minat wisatawan untuk datang karena nuansa alam pegunungan yang selama ini dicari wisatawan.

Sementara menjelang libur panjang akhir pekan kali ini, volume kendaraan yang melintas di Jalur Puncak-Cipanas, menjelang sore mulai terlihat peningkatan. Namun hal tersebut tidak menyebabkan antrean di sejumlah titik rawan kemacetan seperti pertigaan KRC dan Pasar Cipanas. (ant)

Komentar telah ditutup.