Ekonomi

BCA Konsisten Lakukan CSR ke Seluruh Indonesia

Redaktur: Ali Rahman
BCA Konsisten Lakukan CSR ke Seluruh Indonesia - Ekonomi

idopos.co.id - Tanggung jawab sosial perusahaan atau lazim disebut Corporate Social Responsibility (CSR) sudah umum dilakukan berbagai perusahaan, baik swasta nasional maupun negara, termasuk bank. Bank Central Asia (BCA), juga melakukan hal yang sama. Salah satu bank terbesar di Asia Tenggara ini bahkan menggelar CSR secara intensif.

Intensitas keterlibatannya dalam CSR ini akhirnya mendapatkan tanggapan positif. Salah satu di antaranya adalah apresiasi kepada perusahaan. BCA, misalnya, menerima Sustainability Award CECT. Penghargaan itu diberikan karena menjadi perusahaan yang memiliki kinerja berkelanjutan yang baik sesuai standar ISO 26000.

Adapun kriteria penilaian Sustainability Award CECT dilakukan atas dasar keterlibatannya dalam berbagai aspek, di antaranya lingkungan, pemberdayaan masyarakat atau komunitas (community development), tatakelola perusahaan (corporate governance), kegiatan operasional yang fair (fair operating practices), hak asasi manusia (human rights), ketenagakerjaan (labour practice), dan isu-isu yang berhubungan dengan nasabah (consumer issues). Apresiasi tersebut pada gilirannya mendorong BCA sangat aktif melakukan CSR secara konsisten ke berbagai wilayah di tanah air.

Intensitas untuk melakukan aktivitas CSR ini juga sejalan dengan kebijakan Bank Indonesia (BI) yang terus mendorong perbankan nasional berperan serta merealisasikan keuangan berkelanjutan (sustainable finance). Dorongan BI itu sejalan dengan regulasi pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dalam perspektif itu, bank-bank nasional diminta lebih mengutamakan harmonisasi antara kepentingan ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup. Dorongan itu pula yang membuat BCA membentuk sebuah divisi khusus untuk CSR. Tidak hanya berjalan sendirian, BCA juga aktif terlibat dalam program "First Movers on Sustainable Banking" bersama bank nasional yang lain.

Di samping itu, BCA juga memegang teguh komitmen penyaluran kredit untuk kegiatan usaha berwawasan lingkungan dengan mendukung pembiayaan UMKM perekonomian yang inklusif.

Terhadap program tersebut, portofolio kredit BCA pada 2018, misalnya, mencapai Rp 24,62 triliun. Di bidang lingkungan hidup, BCA menerapkan manajemen energi di sejumlah gedung perkantoran agar lebih hemat energi dan ramah lingkungan (smart building).

Di luar itu, BCA juga melakukan sejumlah efisiensi, antara lain mengurangi pemakaian kertas (paperless banking initiative), menyosialisasikan pemilahan sampah (Green Office), dan berpartispasi dalam Earth Hour.

Bukti keseriusan dalam aktivitas CSR ini juga bisa dilihat dari tiga pilar strategisnya, Cerdas, Sinergi, dan Bisnis. Pilar Cerdas merupakan rangkaian program BCA dalam bidang pendidikan. Realisasinya dilakukan dalam bentuk Program Pendidikan Akuntansi (PPA) Non-Gelar, Program Pendidikan Teknik Informatika (PPTI) Non-Gelar, Program Magang Bakti BCA, Sekolah Binaan Bakti BCA, Beasiswa Bakti BCA, Kemitraan Pendidikan, dan Edukasi Literasi Keuangan.

Bentuk-bentuk aktivitas Edukasi Literasi Keuangan BCA yang telah dilakukan antara lain, melalui Mobil Literasi Keuangan (SiMOLEK) yang diprakarsai OJK dan Edukasi Literasi Keuangan untuk para Pekerja Migran Indonesia (PMI), Pelajar, Keluarga, Saba Desa, serta Edukasi Literasi Keuangan soal LAKU BCA.

Pilar Sinergi menjadi salah satu fokus Bakti BCA dalam aspek budaya, kesehatan, empati, olahraga, dan lingkungan hidup. Program bidang budaya yang telah dijalankan selama ini adalah Wayang for Student, Wayang Day, dan Gerakan Buku Wayang untuk Indonesia.

Dalam bidang kesehatan, programnya mencakup operasi katarak gratis di sejumlah wilayah di tanah air. Sebut saja Bogor di (Jawa Barat), Medan di Sumatera Utara, (Bengkulu), Siwa, Rante Pao di (Sulawesi Selatan), hingga Morotai di (Maluku). Bakti di bidang kesehatan ini juga diperluas hingga pengobatan gratis, donor darah di sejumlah kota besar, kecil, dan kegiatan edukasi kesehatan bagi para generasi muda di sejumlah sekolah dasar.

Pelaksanaan program operasi katarak dan pengobatan gratis tersebut diwujudkan secara khusus. Caranya dengan menggandeng sejumlah mitra dari rumah sakit lokal dan sejumlah pihak lain yang memiliki visi yang sama.

Keseriusan melaksanakan program CSR itu kemudian mendapatkan apresiasi khusus. Salah satu di antaranya adalah penghargaan Rekor Muri sebagai bank swasta nasional pertama yang menggelar aksi Donor Darah ke-100 pada 2017. Bakti di bidang lingkungan direalisasikan dalam kegiatan pelepasliaran orangutan dan pelestarian lingkungan.

BCA juga ikut secara intensif dalam penanaman mangrove atau bakau di Jakarta, Subang (Jawa Barat), Lampung, Jogjakarta, Surabaya di Jawa Timur, Aceh Besar, Kalimantan Barat, bahkan Bali. Karena itu tidak heran kalau hingga pada akhir 2018, BCA bersama WWF, berhasil menanam 7.500 bibit bakau.

Bank swasta papan atas nasional ini juga sangat peka dan peduli kepada kelompok masyarakat yang tertimpa musibah bencana alam. Daerah-daerah terdampak bencana alam seperti Lombok, Palu, Aceh, Sinabung menjadi sasarannya. Bekerja sama dengan UNICEF, BCA memberikan bantuan untuk Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) di Sorong, Raja Ampat, dan Papua Barat.

Pilar Bisnis BCA bertujuan membuka peluang usaha dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat. Pada 2018, sejumlah program kemitraan terjalin bersama sejumlah komunitas, antara lain, Desa Wirawisata Goa Pindul, Wonosari, (Jogjakarta), Desa Wisata Gemah Sumilir, Pekalongan, (Jawa Tengah), Desa Wisata Tamansari, Banyuwangi, (Jawa Timur), Desa Wisata Pucak Tinggan, Badung, (Bali), Gunong Lumut, Belitung, (Bangka-Belitung), dan Kampung Adat Minangkabau Sijunjung, (Sumatera Barat).

Sedangkan upaya-upaya terkait pengembangan desa wisata antara lain, pelatihan soft skill dan bantuan pengembangan sarana wisata. (adv)

TAGS

Berita Terkait

Ekonomi / Pengguna Internet di Indonesia Tumbuh Signifikan

Ekonomi / Dukung Percepatan Pembangunan, Ini Langkah BCA

Ekonomi / Penanggulangan Gangguan Penglihatan Karena Katarak


Baca Juga !.