Headline

Ini Alasan Pemilu 2019 Disebut Rumit

Redaktur: Muhammad Izzul Mutho
Ini Alasan Pemilu 2019 Disebut Rumit - Headline

Warga lanjut usia mencelupkan jari kelingking ke dalam tinta usai memberikan hak suara saat pencoblosan Pemilu 2019, di TPS -6 Kota Lhokseumawe, Aceh, Rabu (17/4/2019). Foto: ANTARA FOTO/Rahmad

indopos.co.id – Pemilu 2019 telah digelar pada 17 April lalu. Menurut pengamat politik dari Universitas Widya Mandira (Unwira) Kupang, Nusa Tenggara Timur, Mikhael Bataona, Pemilu serentak 2019 terlalu rumit. "Mengapa saya katakan rumit, karena waktu pencoblosan plus lamanya waktu penghitungan suara yang bisa memakan waktu hingga pagi hari. Artinya mulai 17 sampai dengan 18 April," katanya di Kupang, Jumat (19/4/2019). 

Akibatnya, menurut dia, kejadian itu berdampak pada banyak hal. Selain sangat berbahaya dari aspek rentan kecurangan, juga stamina para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), saksi partai, aparat keamanan dan yang terlibat dalam pesta demokrasi itu, bisa sangat terkuras.

Selain itu, lanjut dia, hal yang terlihat dari pemilu kali ini adalah tenggelamnya isu pemilihan calon anggota legislatif, sebagai sebuah bagian yang sangat penting dari pemilu.

Hilangnya isu pemilihan legislatif (pileg) karena tingginya pamor pemilihan presiden dan wakil presiden. Ini membuat pemilu yang juga vital untuk memilih para wakil rakyat itu tidak lagi menarik dan hilang nilai pentingnya bagi demokrasi Indonesia.

"Padahal pileg adalah penopang utama keberlangsungan negara demorkatis. Jadi dari aspek prosedur, pemilu ini tidak meningkatkan asas efektivitas. Dan dari aspek kualitas, saya kira model pemilu ini tidak meningkatkan cara berdemokrasi kita," ujar dia. (ant)

 

 

 

 


 
 
 

 
 
 

Berita Terkait

Headline / Pengunjung Pasar Tanah Abang Tambah Ramai

Megapolitan / MK Putuskan Gugatan Prabowo Maksimal 14 Hari

Megapolitan / Delapan Kompi TNI/Polri Amankan Mahkamah Konstitusi

Politik / Penetapan Caleg Daerah Tunggu Juknis KPU-RI

Headline / Kawasan Thamrin Kembali Normal


Baca Juga !.