Lifestyle

Waspadai Cegukan, Berikut Tips Menghentikannya

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
Waspadai Cegukan, Berikut Tips Menghentikannya - Lifestyle

Ilustrasi cegukan

indopos.co.id - Calon Wakil Presiden nomor dua, Sandiaga Uno, dikabarkan sakit dan mengalami cegukan tak putus-putus.  Cegukan bisa menimpa siapa saja dan kapan saja. Menurut Wikepedia, cegukan adalah kontraksi tiba-tiba yang tak disengaja pada diafragma, dan terjadi berulang-ulang setiap menitnya. Penyebabnya adalah udara yang tiba-tiba lewat ke dalam paru-paru sehingga  glottis (ruang antara pita suara) menutup.  Istilah medis untuk cegukan adalah singultus.

Lantas mengapa orang bisa mengalami cegukan dalam waktu yang lama? Dilansir dari alodokter, cegukan memiliki kaitan dengan pola konsumsi. Cegukan distimulasi  oleh konsumsi minuman bersoda, minuman panas dan minuman beralkohol. Mengonsumsi  makanan pedas juga bisa menimbulkan cegukan.

Merokok, perut kembung, perubahan suhu, makan terlalu banyak dan makan terlalu cepat juga bisa menyebabkan cegukan. Namun, cegukan juga merupakan tanda terjadinya hal yang lebih parah. Menurut Jurnal US National Institutes of Health National Library of Medicine, penyebab cegukan terus menerus yang pertama bisa karena kerusakan pembulu darah pada otak.  

Tumor otak dilaporkan dapat memicu cegukan berkelanjutan. Termasuk astrositoma (kanker otak), cavernoma (kelainan sister saraf pusat), tumor batang otak. Tidak nyaman sekali rasanya jika tengah cegukan, apalagi sampai berkepanjangan.

Istilah medis untuk cegukan adalah singultus. Menurut Wikepedia, cegukan adalah kontraksi tiba-tiba yang tak disengaja pada diafragma, dan terjadi berulang-ulang setiap menitnya. 

Penyebabnya adalah udara yang tiba-tiba lewat ke dalam paru-paru sehingga  glottis (ruang antara pita suara) menutup.   Sebagian orang melakukan berbagai cara untuk menghentikan cegukan. Biasanya cegukan berhenti setelah beberapa menit mengalaminya.

Oleh karena itu, jangan buru-buru mengonsumsi obat. Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menghentikan cegukan. Pertama, berkumur menggunakan air yang sangat dingin. Kalau ini tak membantu, cobalah menahan napas sesaat, lalu hembuskan. Lakukan cara ini tiga atau empat kali setiap 20 menit.

Anda bisa juga menarik dan menghembuskan napas dari kantong kertas, bukan plastik. Ingat, jangan menutupi kepala dengan kantong itu. Kedua, saat menelan, kamu bisa sembari menekan hidung secara perlahan. Ketiga, menggigit lemon, atau menelan sedikit gula pasir.

Keempat, jika cegukan masih terjadi, coba duduk dan peluk kedua lutut sedekat mungkin dengan dada selama beberapa waktu. Condongkan tubuh ke depan sehingga kamu menekan dada dengan lembut.

Saat pertolongan ini tak membantu, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter. Bisa jadi ada masalah kesehatan, dan dokter bisa meresepkan obat untuk mengendalikan cegukan. (dni/gnp/ant)

 
 
 
 

Berita Terkait

Megapolitan / Move On dari Balai Kota

Megapolitan / Pintu Balai Kota Terbuka untuk Sandi

Politik / PKS Yakin Sandiaga Tak Kembali Jadi Wagub DKI

Politik / Jelang Pencoblosan, Sandi Hadiri Peluncuran Buku

Headline / Empati Atasi Problem Manusiawi


Baca Juga !.