Nasional

Apa Kata KPU soal Situng?

Redaktur: Muhammad Izzul Mutho
Apa Kata KPU soal Situng? - Nasional

Logo KPU Foto: net

indopos.co.id - Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) Komisi Pemilihan Umum (KPU) hanya merupakan informasi. Tidak akan mempengaruhi penetapan hasil Pemilu 2019 karena rekapitulasi resmi tetap dilakukan secara manual.

"Kami tegaskan bahwa Situng itu betul-betul hanya untuk publikasi. Sama sekali tidak ada kaitan dengan penetapan hasil akhir pemenang pemilu," kata Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi ditemui di kantornya di Menteng, Jakarta, Pusat, Jumat (19/4/2019).

Menurut dia, proses rekapitulasi manual dilakukan mulai tingkat kecamatan, diteruskan tingkat kabupaten/kota. Dilanjutkan ke provinsi kemudian terakhir tingkat nasional yang rencananya dilakukan 25 April hingga 23 Mei 2019.

Situng, kata dia, diperoleh berdasarkan data formulir C-1 tiap TPS di seluruh Indonesia yang dimasukkan dan diunggah di laman KPU RI melalui KPU kabupaten/kota. Masyarakat dapat mengakses laman pemilu2019.kpu.go.id untuk mengetahui informasi penghitungan suara pilpres dan pileg 2019 atau real count KPU. (ant)

 

 
 
 
 

 
 
 

TAGS

Berita Terkait

Headline / New Hope untuk Presiden Baru

Nasional / Harus Bisa Jahit Merah Putih

Politik / Presiden Tiongkok Ucapkan Selamat untuk Jokowi

Headline / Pengumuman KPU di Pagi Buta, Titiek: Kita Tidak Terima

Politik / IPPNU Imbau Pelajar dan Santri Jaga Persatuan

Politik / AMMI Minta Pihak yang Belum Menang Pilpres untuk Legowo


Baca Juga !.