Megapolitan

Pesan Khotbah Jumat di Istiqlal, Bersabar, Tunggu Hasil

Redaktur: Muhammad Izzul Mutho
Pesan Khotbah Jumat di Istiqlal, Bersabar, Tunggu Hasil - Megapolitan

 ilustrasi pemilihan umum Foto: net

indopos.co.id - Prof DR H Andi Faisal Bhakti mengajak seluruh umat Islam untuk bersabar dalam menyikapi dan menunggu hasil Pemilu 2019. Itu disampaikan dalam khotbah Salat Jumat di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat (19/4/2019). “Setelah dua hari yang lalu kita menunaikan hak kita sebagai anak bangsa berupa pemberian suara, maka bersabarlah menunggu hasil,” kata Andi Faisal.

Dia menyampaikan, ketidaksabaran dalam menghadapi segala keadaan yang muncul dalam konteks demokrasi pemilu dapat memicu tindakan-tindakan yang merusak dan melanggar hukum. Sabar yang dimaksud adalah sabar dalam pengertian aktif dengan tetap melakukan upaya-upaya legal konstitusional dalam mengawal segala proses yang sedang berjalan. “Kita sudah punya beberapa lembaga negara yang Insya Allah akan amanah menjalankan tugas mereka,” ujar khotib.

Dia juga mengajak seluruh umat Islam untuk mengontrol emosi dalam menyikapi hasil pemilu. “Mengendalikan emosi adalah sifat terpuji. Mengendalikan emosi berasal dari ketenangan jiwa dan kebijaksanaan pikiran. Orang yang hatinya tenang dan pikirannya bijak, tidak akan mudah emosi apalagi sampai marah-marah. Ketenangan jiwa dan kebijaksanaan pikiran mampu menyelesaikan suatu masalah tanpa memunculkan masalah lain,” jelas. (ant)

 

Baca Juga


Berita Terkait


Baca Juga !.