Gereja Katedral Jakarta Dijaga Ketat

indopos.co.id – Ibadah Jumat Agung sebagai rangkaian ibadah Paskah di Gereja Katredal Jakarta dipenuhi petugas gabungan. Tercatat ada anggota TNI, Polri, Satpol PP dibantu Banser Pemuda Ansor mengamankan prosesi ibadah Paskah di Gereja Katredal Jakarta.

Humas Keuskupan Agung Jakarta, Susyana Suwadie saat ditemui di Gereja Katedral Jakarta, Jumat (19/4/2019) mengatakan, pengamanan oleh TNI-Polri dan organisasi masyarakat dilakukan di bagian luar lingkungan Gereja Katedral.

“Seperti kemarin, sekitar 60 personel gabungan TNI, Polri, Satpol PP. Kemudian untuk hari ini Pemuda Ansor akan hadir 50 orang,” katanya.

Tak sekadar di luar Gereja Katedral Jakarta, pengamanan juga dilakukan didalam gereja. Hanya saja, untuk pengamanan di dalam dilakukan tim internal keamanan swadaya umat yang berjumlah 50 orang.

 Sejumlah anggota Banser Pemuda Ansor berjaga di salah satu pintu masuk Gereja Katedral dalam rangka membantu pengamanan ibadah Jumat Agung sebagai rangakain ibadah Paskah di Jakarta, Jumat (19/4/2019). (ANTARA/Aditya Ramadhan)

“Karena memang hal ini sudah rutin dilakukan dalam setiap kali hari besar yaitu Paskah maupun Natal,” terangnya.

Susyana menambahkan pengamanan dari aparat rutin dilakukan setiap kali acara hari besar keagamaan di Gereja Katedral. Kehadiran petugas, lanjut Susyana, tak mempengaruhi prosesi ibadah Paskah. Pihaknya merasa amat terbantu dengan adanya pengamanan tersebut.

”Jadi memang ya otomatis kami juga merasa terbantu pengamanan di sekitar luar gereja itu sudah ditangani oleh aparat. Kami sangat terbantu sehingga tercipta kelancaran, untuk itu bersyukur,” kata dia.

Susyana menegaskan rangkaian ibadah pekan suci telah dijalani dengan lancar mulai dari Kamis Putih dengan tiga kali misa, kemudian pada Jumat Agung diawali dengan ibadat Jalan Salib lalu berlanjut pada ibadat Jumat Agung,

Selanjutnya malam paskah pada Sabtu(20/4) sore hingga malam, hingga perayaan Hari Paskah untuk memperingati kebangkitan Yesus Kristus dengan diadakan empat kali misa. (ant)

Komentar telah ditutup.