Untuk Menjadi Kuat Tak Perlu Sejantan Pria

indopos.co.id – Raden Ajeng (RA) Kartini dinilai telah mengubah paradigma dunia terhadap perempuan. “Memilih kini menjadi hak setiap perempuan. Mulai dari pendidikan, pekerjaan hingga jalan hidup,” kata Deputi Gubernur Bank Indonesia Rosmaya Hadi dalam pernyataan di akun media sosial resmi Bank Sentral yang dipantau di Jakarta, Minggu (21/4/2019).

Rosmaya mengatakan, Kartini mengubah paradigma dunia terhadap perempuan melalui sekumpulan aksara dalam ratusan surat-surat yang ditulisnya untuk pergerakan perempuan. Kini, di tengah pesatnya perkembangan zaman, peran perempuan juga semakin besar dalam peradaban dunia. “Untuk menjadi kuat tidak perlu menjadi sejantan pria, karena perempuan memiliki kekuatan di balik kelembutannya,” ungkap Rosmaya.

Kartini, kata Rosmaya, telah mendorong kesetaraan hak bagi perempuan untuk berkontribusi nyata dalam pembangunan negara. “Kita harus meneladani keberanian R.A Kartini yang mendorong kesetaraan hak bagi perempuan Tanah Air,” ujarnya.

Seperti diketahui, Minggu (21/4/2019) diperingati sebagai Hari Kartini. Peringatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun pada tanggal tersebut. Semangat dan perjuangan Kartini diusung, terutama oleh para perempuan Indonesia. Dia disebut sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi. Tak heran, jika Kartini dinobatkan sebagai salah satu pahlawan nasional. (ant/zul)

 
 

ReplyForward

Komentar telah ditutup.