Politik

Prabowo-Sandi Kuasai Para Pemilih Lapas, Ini Kata Pengamat

Redaktur: Nurhayat
Prabowo-Sandi Kuasai Para Pemilih Lapas, Ini Kata Pengamat - Politik

indopos.co.id  - Pasangan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno unggul telak di seluruh lembaga pemasyarakatan di Indonesia sebesar 60 persen atau sekitar 64.771 suara. 

Sementara, pasangan capres nomor urut 01 Joko Widodo-Maruf Amin mendapatkan 30 persen atau 37.264. Sedangkan suara tidak sah mendapatkan 10 persen atau 2.413 suara sehingga total keseluruhan partisipasi narapidana berjumlah 126.545.

Maka jika dikalkulasi total, pasangan 02 telah memenangkan TPS yang tersebar di 26 provinsi, sedangkan pasangan 01 hanya memenangkan di TPS yang berada di 7 provinsi. 

Menanggapi itu, Gigih Guntoro Direktur Eksekutif Indonesia Club menilai banyaknya narapidana ingin ada perubahan secara total. 

"Meskipun fisik terpenjara, namun hati dan semangat para napi memiliki keinginan besar terhadap perubahan kepemimpinan nasional dengan harapan bahwa juga akan berpengaruh terhadap pengelolaan dan pelayanan di lembaga pemasyarakatan yang selama ini belum banyak melakukan perubahan yang revolusioner," kata Gigih, Senin (22/4/2019).

Selain itu, ia juga mengatakan pemerintahan Jokowi telah mendorong program revolusi mental untuk melakukan perubahan di lingkungan Direktorat Pemasyarakatan, namun faktanya masih banyak ditemukan ketimpangan pelayanan hingga praktek pungutan liar, peredaran narkoba hingga miskin integritas para petugas.

Oleh karena itu, sekarut persoalan krusial yang terjadi di dalam lembaga pemasyarakatan merupakan cerminan dari pengelolaan negara yang dijalankan secara serampangan. 

"Spirit dan partisipasi para napi di balik penjara dalam memilih pasangan 02 merupakan cerminan atas kuatnya keinginan terjadi perubahan yang lebih baik. Jika keinginan melakukan politik perubahan ada dimana-mana maka kita pun tak akan kuasa untuk membendungnya, pasti akan terjadi," katanya. (yay)

Berita Terkait

Megapolitan / Hanya Satu Kursi, PPP DKI Berbenah Diri

Politik / Jaman Gagas Buka Puasa Bersama 01 dan 02

Nasional / Gedung Bawaslu Masih Ditutup

Politik / Prabowo Pantau Langsung Persiapan Gugatan

Megapolitan / Walhi: Penerbitan Izin di Masa Transisi Harus Diwaspadai


Baca Juga !.