Mobil Berstiker KPU Milik Perusahaan Percetakan

indopos.co.id – Misteri mobil boks berstiker KPU di depan jasa percetakan di Condet, Jakarta Timur, akhirnya terungkap. Hal ini berkat kesigapan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta yang langsung melakukan penelusuran.

”Usai mendapat informasi kami langsung melakukan penelusuran,” ujar Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu DKI Jakarta, Burhanuddin, Senin (22/4/2019).

Komisioner Bawaslu Jakarta Timur, Ahmad Syarifudin Fajar memastikan, mobil boks berstiker KPU di depan Digital Print di Condet, Jakarta Timur, adalah milik percetakan tersebut. Isu-isu yang menuding keberadaan mobil itu terkait formulir C1 pun ditepis.

”Jadi berita itu (yang mengaitkan dengan upaya mengubah C1) hoaks. Itu memang mobil kepemilikannya adalah digital printing yang ada di situ. Jadi ini berdasarkan upaya teman-teman panwascam yang memang langsung datang ke lokasi. Jadi telah dibuktikan dan bertemu langsung dengan pemilik digital printing bahwasannya terkait yang beredar tersebut tidak ada,” terang Ahmad.

Ia mengatakan mobil tersebut memang milik perusahaan digital printing itu. Kemudian percetakan itu juga sempat mendapat orderan KPU, tetapi hingga semalam stikernya belum sempat dicopot. ”Pengakuan teman-teman di sana ini memang mobilnya saja. Jadi begini, pada prinsipnya kan percetakan tidak mungkin kerjain semuanya pasti dia nge-sub ya kan? Nge-sub atau menunjuk salah satu percetakan lagi,” ungkap Ahmad.

”Pengakuannya lagi di situ pun tidak mencetak surat suara hanya mencetak alat peraga kampanye. Di situ ada spanduk 01 dan 02 di situ ada semua. Jadi pada prinsipnya ini memang murni bisnis. Kalau ada orderan dari 01 dia cetak. Begitu juga kalau ada orderan dari 02 dia cetak juga,” imbuhnya.

Ia menyesalkan banyaknya pihak yang menyebarkan video tersebut dengan narasi yang tidak sesuai dengan faktanya. Ahmad meminta bila ada indikasi kecurangan sebaiknya dilaporkan pada Bawaslu bukan memviralkan video.

Sebelumnya diberitakan, ada dua video viral yang beredar. Orang di video tersebut mengatakan lokasi kejadian di Condet, Jakarta Timur dan video diambil pada Minggu (21/4/2019).

Dalam video yang pertama, tampak mobil boks dengan stiker KPU tertempel di sampingnya. Mobil boks itu parkir di depan ruko bertuliskan ‘Digital Print’. Pintu ruko itu tertutup tapi lampu di lantai 2 menyala.

Di video yang kedua, tampak ada beberapa orang di sekitar mobil tersebut. Sopir mobil itu disebut sudah tidak ada. Orang di video pertama maupun video kedua menyebut mobil berstiker KPU yang terparkir di ruko digital print tersebut sebagai indikasi kecurangan.

Sementar aitu, Arif, 33, pegawai yang saat kejadian berada di lokasi mengatakan mobil boks milik perusahaan itu ditempel stiker KPU karena perusahaan tempat kerjanya jadi pemenang tender pencetakan APK dari KPU. ”Kita menang tender dari KPU untuk pencetakan APK kampanye Pemilu 2019. Mobil ini dipakai untuk mengirim APK, karena pengiriman enggak sampai ke luar kota dipasang stiker ini. Maksudnya biar pas ngirim enggak bermasalah,” kata Arif di Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (22/4/2019).

Tumpukan APK depan ruko pun merupakan hasil cetak yang dipesan tim sukses berbagai paslon peserta Pemilu 2019, bukan karena mereka mendukung paslon tertentu.

Arif menyebut perusahaan tempat kerjanya melayani setiap orderan spanduk kampanye dari setiap peserta Pemilu 2019 atas dasar bisnis semata. ”Kita terima setiap orderan, namanya tempat percetakan kan. Jadi tempat ini bukan punya KPU, hanya menang tender untuk cetak APK. Kita ini cuman nyetak spanduk sesuai permintaan,” ujarnya.

Fikri, 22, pegawai lain yang berada saat kejadian mengaku heran dengan tudingan bahwa tempat kerjanya mencetak C1, pasalnya mesin yang digunakan hanya mampu mencetak spanduk. (wok)

Komentar telah ditutup.